Edukasi Pengemasan dan Pemasaran Bagi Penjual Jamu Gendong di Lebak Bulus, Cilandak Jakarta Selatan

Rikza Maulan, Vika Fikriah

Abstract


Penjual jamu gendong umumnya berpendidik rendah, memiliki keterbatasan wawasan tentang pentingnya pengemasan produk jamu yang dihasilkan secara bersih, sehat, higenis menarik dan kurang memiliki kemampuan untuk memasarkan produknya kepada masyarakat dengan baik. Kondisi demikian diperparah dengan adanya pandemi covid-19 yang memberikan dampak secara ekonomi kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), tidak terkecuali di sektor makanan dan minuman termasuk penjual jamu gendong. Edukasi diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, dan dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu memberikan pengetahuai tentang tatacara pengemasan produk jamu gendong dan memberikan pengetahuan tatacara pemasarannya yang baik dan efektif, sehingga dapat memuaskan kebutuhan konsumen dan meningkatkan kesejahteraan pembuat jamu gendong. Dengan edukasi tersebut pengemasan jamu gendong menjadi lebih baik, lebih bersih, lebih higenis, lebih terjaga kualitas produk yang dihasilkan, dapat menampilkan manfaat jamu yang ditawarkan dan lebih meningkatkan penjualan jamu gendong.


Full Text:

PDF

References


Alfin NF Mufreni, 2016. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Majemen, Vol. 2, No. 2 (November 2016) : 48 – 54

Andi Amri, 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, Volume 2 No 1, 2020 : 123 – 130.

Cicik Harini & Yulianeu, 2019. Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang Melalui Strategi Penetrasi Pasar. Jurnal Ikrait Ekonomika No.2, Vol. 1, bulan Maret 2019 : 59 – 66.

Dewi Jayanti Mandasari, dkk. 2019. Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Vol. 13, No.1, 2019 : 123 – 128.

Harsa Wara Prabawa & Andhin Dyas Fitriani, 2019. Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional melalui Perubahan Desain Pengemasan dan Pemasaran. Jurnal Dedikasi : Community Service Report. Vol. 1, Issue 1 2019 : 35 – 46.

Imam Syafii 2020. Pemasaran Jamu Menggunakan Kemasan Praktis Siap Minnum Dengan Branding Tren Masa Kini. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Vol.1 No.1 Januari 2020 : Hal. 35 – 41.

Kartika Nuringsih, 2013. Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Jamu Sebagai Bentuk Ketahanan Ekonomi Masyarkat. Semnas Fekon Optimisme Ekonomi Indonesia 2013 Antara Peluang dan Tantangan. 639 – 655.

Muhammad Djemdjem Djamaluddin, dkk (2009). Analisis Kepuasan dan Loyaitas Konsumen Jamu Gendong Kota Sukabumi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 2, No. 2 (Agustus, 2009) : 174 – 176

Nurul Huda, Khamin Hudori, dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Kencana

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2016. Himpunan Putusan tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta : Penerbit Suara Muhammadiyah.

Rahmy Ayu Wulandari, dkk 2014. Etnobotani Jamu Gendong Berdasarkan Persepsi Produsen Jamu Gendong di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Jurnal Biotropika, Vol. 2, No. 4, 2014 : 198 – 202.

Silpa Hanoatubun. 2020 Dampak Covid – 19 Terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns Jurnal, Volume 2 Nomor 1 (2020) : 146 – 153

Sri Mulyani dkk (2015), Pengaruh Jenis Kemasan dan Cara Penyimpinan Terhadap Minuman Kunyit Asam, Seminar Nasional Sains & Teknologi, Semnastek Denpasar Bali 2015 : Hal. 1 – 8.

Taufik & Eka Avianti Ayunigtyas, 2020. Dampak Pandemi Covid Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 22 No. 01, Apr 2020, 2020 : 21 – 32.

Yuni Sudarwati dan Venti Eka Satya. 2013. Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, Vol. 4 No. 1, Juni 2013 : 89 – 101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ