Pemberdayaan Pendidikan melalui Kegiatan Pojok Membaca Di Rawakalong

Galuh Purwandari, Widia Winata, Agus Suradika

Abstract


Situasi pandemi covid-19 membuat dunia pendidikan berubah. Sekolah menerapkan pendidikan secara daring dengan model anak-anak belajar dari rumah. Akibatnya banyak tatanan yang berubah seperti pola pikir, perilaku dan cara belajar. Untuk mengakomodasi kebutuhan anak belajar, maka tim pengabdian kepada masyarakat ini membuat kegiatan Pojok Membaca. Dengan membaca, seseorang dapat mengetahui berbagai informasi, menambah  pengetahuan atau wawasan serta dapat berfikir secara kritis. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberdayakan masyarakat melalui program pendidikan berupa kegiatan Pojok Membaca di daerah Desa Rawakalong, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2020. Aktivitas yang dilakukan di antaranya adalah mengajar mengaji, mendongeng bersama, membaca buku-buku yang sudah disediakan, mengajarkan praktik sholat maupun berwudhu, dan mengajarkan membaca bagi anak yang masih duduk di Sekolah Dasar kelas rendah. Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, penulis melakukan observasi awal dengan melihat analisis situasi masyarakat sekitar wilayah Rawakalong. Hasil observasi dianalisis secara kualitatif deskriptif dan dijabarkan dengan data yang diperoleh secara observasi, wawancara, dokumentasi, dan survei.


Full Text:

PDF

References


Al Dahhan, N. Z., John, R.K., and Douglas, P. M. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties Through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps Among Neuroscience, Cognition, and Education. Journal of American Educational Research Association. 2 (4), 1-15.

Haryati, M. S., (2018). Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas “12345”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 6 (1), 1-11.

Hasil Observasi 1. (2020). Kondisi Wilayah Rawakalong.

Hasil Wawancara 1. (2020). Wawancara dengan Orangtua di Rawakalong.

Nugroho, A. H., Ratna Puspitasari, dan Eulis Puspitasari. (2020) Jurnal Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII. Universitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ridwanullah, A.I., Herdiana Dedi, (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Academic Journal For Homilectic Studies. 12 (1), 82-98.

Rohman, A. S., dan Sukaesih. (2017). Transpformasi Perpustakaan Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus di Desa Margamukti-Pangalengan Bandung. Jurnal Perpustakaan Pertanian. 26 (2), 47-54.

Rofi M. A., dan Hermintoyo (2020). Jurnal Pengarung Pojok Membaca Terhadap Minat Siswa SMP Negri 3 Jati. Universitas Diponegoro Jl Prof. Soedarto, S.H, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275.

Rost, M. (2011). Teaching and Researching Listening. Edinburgh: Pearson.

Sudiana N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. Jurnal Of Education Action Research. 4 (1), 10-16.

Qiu, W., Rutherford, S., and Mao, C. C. (2017). The Pandemic and its Impact. Journal of Health, Culture and Society. 9 (10), 3-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ