Pendampingan IKM dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial

Winda Dwi Astuti Zebua, Nadilla Nadilla

Abstract


Perkembangan teknologi di dunia semakin pesat begitu juga yang terjadi di Indonesia, hal ini memberikan berbagai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satu bukti nyata perkembangan teknologi adalah menjamurnya pengguna media sosial di masyarakat, mulai dari anak balita hingga orang yang lanjut usia. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari penggunaan media sosial seperti, sumber informasi, sarana komunikasi dengan berbagai orang diseluru penjuru dunia, sarana hiburan, media penelitian, bahkan untuk media berdagang dan berbisnis. Berkaitan dengan kondisi pandemi seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu primadona bagi kalangan bisnis, bahkan banyak bermunculan pebisnis baru yang memang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahanya sebagai bentuk pertahanan hidup dalam masa sulit seperti sekarang. Meningkatnya aktivitas usaha atau perdagangan melalui media sosial, tidak lepas dari keunikan dari karakteristik yang dimiliki oleh media sosial itu sendiri. Meskipun angka penggunaan media sosial sebagai media promosi usaha meningkat di masa pandemi ini, akan tetapi masih banyak juga masyarakat yang awam dan belum lihai memanfaatkan media sosial untuk berjualan atau berbisnis, meskipun hanya dalam skala kecil atau rumahan. Oleh karena itu program pengabdian masyarkat ini adalah pendampingan pada IKM (Industri Kecil Menengah) untuk mengedukasi pengunaan atau pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien. Metode yang dilaksanakan adalah dengan melakukan pendampingan langsung kepada IKM tentang bagaimana cara mempromosikan usaha melalui media sosial agar lebih produk atau usaha mereka mudah dikenal dan diterima oleh masyarakat khususnya para pengguna media sosial lainnya.


Full Text:

PDF

References


Mayfield. (2008). "What is Social Media?". London : iCrossing. Diakses pada 24 Agustus 2020 http://www. icrossing. co.uk/fileadmin/uploads/eBooks/What_is_Social_Media_ Crossing_ebook. Pdf

Hamdan, Nuranisa. (2019). Pengguna Instragram di Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia. Tagar.id diakses 1 Agustus 2020 pada https://www.tagar.id/pengguna-instagram-di-indonesia-terbesar-ke4-dunia

Garaikan dan Winda Feriyan. (2018). Promosi dan Pegaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual. Vol. 16 No.1. diakses 1 September 2020 pada https://stietrisnanegara.ac.id/jurnal/index.php/aktual/article/view/3

Mahendra, Bimo. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi. Vol 16. No.1. Mei 2017 Hal. 151-160. Diakses 1 Agustus 2020 pada https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf

Dewi, Sannya Pestari dan Firman Asharudin. 2020. Pengembangan UMKM DI RW 03 MRICAN Melalui Pengenalan Media Digital. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarkat. Vol.4. No.1 Mei 2020. Diakses dari https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/article/view/350/322


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ