Pengembangan Mahasiswa Melalui Diskusi Interaktif Tentang Strategi Kampanye Di Masa Pandemi

Winda Dwi Astuti Zebua, Syifa Astasia Utari, Nur Hafizah

Abstract


Pandemi Covid 19 hingga saat ini masih menjadi perhatian khusus baik itu oleh pemerintah maupun organisasi yang ada di Indonesia bahkan dunia. Dampak yang disebabkan oleh pandemi ini sangat luar biasa bagi segala aspek kehidupan termasuk ekonomi masyarakat. Salah satu hal menjadi strategi dalam menyikapi pandemi ini adalah dengan melakukan kampanye kesehatan, agar masyarakat mampu melindugi diri dari bahaya virus Covid 19. Kampanye tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah saja, namun perusahaan ataupun brand juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan keberhasilan kampanye pemerintah tersebut.  Kampanye yang dilakukan oleh perusahaan atau brand tidak semata-mata bertujuan untuk membantu keberhasilan kampanye pemerintah, namun juga membantu brand mereka agar tetap memiliki eksistensi di mata masyarakat. Meskipun demikian, dalam berkampanye di masa krisis seperti saat ini, perlu kiranya brand-brand tersebut memperhatikan beberapa aspek termasuk etika agar tidak membentuk persepsi negatif bagi masyarakat. Oleh karena itu penulis menyelenggarakan diskusi interaktif bersama teman-teman mahasiswa FISIP UMJ khususnya prodi Ilmu Komunikasi yang bertujuan untuk menyediakan wadah diskusi dan membagikan infomasi terkait bagaimana pengelolaan kampanye dalam menyikapi pandemi Covid 19. Selanjutnya diskusi interaktif ini dilaksanakan untuk mengelaborasi berbagai perspektif serta sarana knowledge sharing kepada para peserta (mahasiswa dan umum), terkait bagaimana tren pengelolaan kampanye dalam sebuah organisasi dengan turut menghadirkan praktisi humas di instansi pemerintah. Metode yang digunakan adalah diskusi yang dikemas interaktif melalui zoom meeting dan streaming youtube. Metode ini dinilai sangat sesuai dengan kondisi pandemi seperti saat sekarang, tetap jaga jarak, dan di rumah saja, namun pelaksanaan diskusi berbagi ilmu juga terus berjalan secara baik.


Full Text:

PDF

References


Alvanov Z. Mansoor. 2020. Kajian Kegagalan Kampanye Periklanan Experiential Solidaritas Social Distancing Covid 19 McDonald’s Brazil. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual. Vol.13. No.1 Juni. Diaskses darihttp://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/view/1550

Hanoatubun, Silpa. 2020. DAMPAK COVID -19 TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Edupsycouns Journal. Volume 2 Nomor 1 (2020). 146-153. Diakses pada https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423/240

Suswanto, Priyo & Sri Dewi Setiawati. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid 19 di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.3. No.2. July. 16-29. Diakses dari http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754/1339

Venus, Antar. (2018). Manajemen Kampanye edisi Revisi Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Simbiosa Rekatama: Bandung.

Yue, Zi Zu et al….2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): A Perspective from China. Radiology 2020; 296:E15–E25 diakses 6 September 2020 https://doi.org/10.1148/radiol.2020200490

Natalia. Trivena, Titi Nur Vidyarini dan Astri Yogatama. 2019. Efektivitas Pesan Kampanye Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak dalam Event Birthday Bounce Back di Wahana Visi Indonesia Urban Surabaya. Jurnal E-Komunikasi. Vo.7 No.2. Diakses dari http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ