Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19

Mawar Mawar, Dini Nur Salamah, Allif Lulu Fauziah

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap orang tua akan pentingnya peranan orang tua dalam pembelajaran daring bagi anak usia dini terutama dimasa pandemic covid 19 saat sekarang ini yang melanda dunia terkhusus Indonesia. Metode kegiatan yang digunakan adalah sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa    Peranan orang tua dalam pembelajaran daring bagi anak usia dini dimasa pandemic covid 19 sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Pendampingan dan keaktifan orang tua dalam menemani anak akan menentukan sejauh mana kegiatan belajar di rumah akan bermanfaat dan bermakna. Potensi anak usia dini dapat terwujud jika orang tua sangat peduli terhadap perkembangan anaknya dan anak bisa diberi kebebasan untuk dapat mengembangkan bakat atau potensi yang dimilikinya. Ada beberapa peran tambahan yang dapat orang tua lakukan untuk sang anak, diantaranya; 1).Mendampingi anak dalam belajar.Pentingnya pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring yaitu untuk dapat meningkatkan semangat belajar anak dan dapat meningkatkan keharmonisan antara anak dan orang tua, serta orangtua bisa berperan sebagai guru pendamping apabila ada materi yang guru jelaskan, namun anak masih belum memahami.  2).Terbuka terhadap teknologi.Pembelajaran jarak jauh melalui daring tentunya tidak akan jauh dari penggunaan teknologi, entah itu melalui Whatsapp, Zoom, Google Meet, Google Form, dan yang lainnya, hal itu membuat orang tua mau tidak mau harus terbuka terhadap teknologi agar proses pembelajaran anak dapat berjalan dengan baik. 3).Lebih Kreatif.Anak harus terus diberikan stimulus dengan cara memberikan mainan atau cara bermain yang baru dan positif agar rasa keingintahuan anak dapat terpenuhi, sehingga hal ini membuat orang tua sebisa mungkin lebih kreatif lagi, sehingga anak tidak bosan belajar dirumah.


Full Text:

PDF

References


Arya, P.K. 2008. Rahasia Mengasah Talenta Anak. Jogjakarta: Think

Hurlock, Elizabeth B. 2008. Psikologi Perkembangan, terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga

Munandar, Utami. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada .Media Grup

Santrock W John. 2015. Life Span Development, Jakarta: PT Erlangga

Aryanti, Tatik.2016.Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol. 8, No. 1, Hal : 50 - 58 52.

Asri, S. 2018. Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 (1): 1-9.

Candra, A., Sofia, A., Anggraini, F. 2017. Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3 (2): 1-10.

Fauziddin, Moh, Mufarizuddin, 2018. Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi Vol.2 No.2, Hal : 162-169.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D, Kusumanita., Andriyani, Fitri. 2020. Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid. Jurnal Obsesi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ