Pendampingan IKM “Warung Kopi Bpi” di Desa Kedaung Halang Dimasa Pandemi Covid 19

Abdul Rahman Wahid, Salsabila Aulia Rohmah, Mawar Mawar

Abstract


Awal tahun 2020 ini umat manusia di seluruh dunia digoncang dengan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang membuat kepanikan dimana-mana. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak penyebaran Virus covid-19. Pemerintah melakukan bebrapa Upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 yaitu sosial distancing dan PSBB. Akan tetapi keteapan ini menimbulkan dampak negatif pada perekonomian masyarakat. Kurangnya pengetahuan strategi penjualan dimasa pendemik membuat para pelaku IKM mengalami penurunan pendapatan secara dratis dan tak sedikit pula IKM  yang terpaksa gulung tikar. Kuliah Kerja Nyata atau sering disingkat dengan KKN adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Melaui program KKN Online yang di adakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menjalankan bisnis di masa pendemik ini. Program ini Melibatkan Mahasiswa yang bekerja sama dengan Dosen dan Masyarakat. Adapun mitra IKM yang akan kami dampingi adalah Warkop BPI yang bertempat di di Jl. Dr Setia Budi Pamulang Timur yang tepat bertempatan di depan komplek Bukit Pamulang Indah (BPI). Beberapa kegiatan yang kami lakukan adalah pembuatan spanduk, menu makanan, serta juga membantu promosikan lewat media social. Efek media sosial memang sangat baik karena dapat membantu pengusaha untuk memasarkan produk di masa Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Asih Nurjanah ,Perubahan sosial-ekonomi akibat pandemi covid-19. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2020 melalui situs https://www.kompasiana.com/asihftrn177793/5e994497d541df77e05aad82/perubahan-sosial-ekonomiakibat-pandemi-covid-19,

Kristian, A. 2020. ‘COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah’, Universitas Katolik Parahyangan, 20.

Singhal, T. (2020 ). A Review of Coronavirus Disease -2019 (COVID -19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4): 281 –286.

Wikipedia. Kedung halang Bogor Utara. Diakses pada tanggal 13 Agustus 2020 melalui situs web https://id.wikipedia.org/wiki/Kedunghalang,_Bogor_Utara,_Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ