Digitalisasi Program Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus: Video Tutorial “How to Make Money During the Pandemic, Series” KKN UMJ Kelompok 33)

Syifa Astasia Utari, Sekar Wahyuningtyas, Salma Wafiqo Nisa

Abstract


Keberadaan pandemi COVID-19 di Indonesia menuntut adanya inovasi pada pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta. Untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah Jakarta melaksanakan program KKN berbasis daring. Pelaksanaan KKN secara daring tentunya berbeda dengan pelaksanaan KKN pada umumnya, perbedaan tersebut dapat dilihat dari seluruh proses rangkaian program. Mulai dari proses pendaftaran, pelaporan, pembimbingan dosen DPL, monitoring evaluasi, hingga hasil dan luarannya dibuat secara daring melalui media yang didisediakan oleh universitas dan DPL (Website dan Aplikasi Chat). Mahasiswa di bawah arahan dan bimbingan Dosen, dapat melakukan KKN di lokasi tertentu yang berdasarkan pada domisilinya masing-masing. Koordinasi dilakukan secara daring untuk memudahkan dalam melakukan pelaksanaan program kerja sebagai upaya dalam berkontribusi kepada masyarakat melalui program pemberdayaan yang juga berbasis daring. Salah satu program wajib diarahkan agar peserta dapat terlibat langsung dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Kelompok 33 membuat sebuah inovasi program dengan melakukan digitalisasi pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan Video Tutorial “How to Make Money During The Pandemic”. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat yang terkena dampak Covid-19 agar mampu menciptakan suatu komoditas tertentu yang bernilai ekonomis tanpa harus keluar rumah. Dengan adanya video tutorial ini masyarakat dapat mengikuti langkah-langkah yang dipraktikan di dalam video dan meingimplementasikannya untuk mendapatkan tambahan pemasukan finansial.  Video yang dibuat selanjutnya dipublikasikan melalui media sosial kelompok yaitu Youtube, Instagram, Facebook dan Twitter. Kemudian dibagikan juga  kepada masyarakat sekitar di domisili masing-masing peserta kelompok melalui whatsapp grup. Kegiatan tersebut menunjukkan engagement yang cukup baik di media sosial, serta mendapat respon positif dari masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Hardjasoemantri, Koesnadi (2007). "Peran Pemuda Pelajar Indonesia dalam Perjuangan Bangsa: sebuah refleksi dan harapan". Jurnal Sejarah. Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia.

Asaniyah, Neneng (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka:: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Buletin Perpustakaan UII No. 57 Mei 2017

Wuryanta, Eka (). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Atma Jaya Volume 1, Nomor 2, Desember: 131-142

Bagaimana Pandemi COVID-19 Memengaruhi Angka Pengangguran RI, diakses 26 Agustus, 2020 dari tirto.id. Website: https://tirto.id/fK3e

CORE: 4 Hingga 9 Juta Warga Jadi Pengangguran di Kuartal III. Diakses 26 Agustus, 2020 dari Republika.co.id. Website: https://republika.co.id/berita/q92ffi349/core-4-hingga-9-juta-warga-jadi-pengangguran-di-kuartal-iii

Kuliah Kerja Nyata. Diakses 26 Agustus, 2020 dari Universitas Gadjah Mada. Website: https://ugm.ac.id/id/node/2320-kuliah.kerja.nyata

Pengertian Kuliah Kerja Nyata. Diakses 26 Agustus, 2020 dari Silabus.web.id.

Website: https://www.silabus.web.id/pengertian-kuliah-kerja-nyata/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ