Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui Digital Market (Studi Kasus pada Industri Pembuat Tahu dan Peternak Ayam Bertelur)

Nida Handayani, Nurhalimah Firda Agustina

Abstract


Kemandirian masyarakat dalam bidang ekonomi dilihat melalui semakin banyak dan berkembangnya industri kecil menengah (IKM). hal ini merupakan misi dari sistem ekonomi kerakyatan yang memiliki cita-cita perekonomian bangsa atas dasar prakarsa masyarakat Indonesia. Dalam upaya membangun industri kecil menengah, dihadapi dengan beberapa permasalahan terkait kemampuan mengembangkan usaha sesuai dengan perkembangan dan kemajuan tekhnologi, khususnya dalam mencapai pasar digital yang cakupannya lebih luas, bahkan bisa mencapai pasar internasional. IKM pembuat tahu dan peternak ayam bertelur yang ada di Desa Jatitengah, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, merupakan potensi masyarakat dalam bidang ekonomi yang memerlukan pendampingan dalam rangka pengembangan usahannya. Permasalahannya adalah pada pengembangan pasar yang belum menyesuai kan dengan kemajuan tekhnologi yang ada. Pasar offline yang saat ini masih menjadi pasar dari produk IKM pembuat tahu dan peternak ayam bertelur menjadikan terbatasnya capaian pasar dan berdampak terhadap perolehan pendapatan IKM tersebut. Solusi yang coba ditawarkan adalah memperluas pasar dengan memperkenalkan digital market melalui market place, dan sosial media, sehingga perluasan pasar ini akan berdampak terhadap pendapatan IKM.  Digital market ini tidak hanya sebagai perluasan pasar, tetapi juga sebagai bentuk promosi yang paling murah , mudah, namun memiliki dampak yang sangat luas.Luaran pengabdian masyarakat ini adalah IKM pembuat tahu dan peternak ayam bertelur dapat memasarkan produknya melalui tekhnologi, dengan model promosi di media sosial dan market place. Kegiatan akan dimulai dengan observasi analisa produk untuk menentukan desain branding untuk memperkuat produk pada market digital, selanjutnya pendampingan IKM dalam pemasaran dengan media sosial dan market place.

Full Text:

PDF

References


Subandi. 2016. Sistem Ekonomi Indonesia. Alfabeta. Bandung

Nida Handayani. 2017. Analisis Pengelolaan UMKM berbasis tekhnoligi di Tangerang Selatan. Dalam Prosiding ICSS FISIP UMJ, No 1 Vol.I

Dihin Septyato, Ignatius Joko Dewanto, Pengembangan strategi e-Marketing UMKM di Indonesia. Dalam Prosiding UNEJ, Desember 2017.

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Dalam Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6.

Mohamad Trio Febriyantoro, Debby Arisandi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Dalam Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2, Desember 2018

Katadata.co.id

Beritasatu.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ