Pendampingan Industri Kecil Menengah (Ikm) Skala Rumah Tangga Yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19

Dwi Andika Ramadhan, Kamiilatu Nuur A'inii, Weny Aspriani, Aisyah Amalia Fauzi, Nurul Fitriah

Abstract


Dampak pandemi covid-19 yang cukup besar dialami sektor ekonomi dan sosial. Salah satu sektor yang terimbas covid-19 adalah Industri Kecil Menengah (IKM). Mitigasi dampak pandemi covid-19 dan kesiapan IKM memasuki era new normal sangat membutuhkan perhatian dari semua komponen bangsa. Momentum KKN online yang diselenggarakan LPPM UMJ pada tahun ini memberikan kesempatan bagi peserta KKN untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program pendampingan IKM. Inovasi dan teknologi informasi sangat berperan penting dalam program pendampingan IKM kelompok 45 KKN UMJ. Program meliputi sosialisasi protokol kesehatan covid-19, protokol transaksi jual-beli di era new normal, promosi produk-produk IKM melalui media sosial yaitu Instagram dan memperbaiki tampilan sarana yang dimiliki pelaku IKM (yaitu gerobak dagangan) dengan mendesain dan membuat poster, spanduk produk sehingga tampilan gerobak dagangan menjadi menarik (eye catching) agar dagangannya menjadi lebih laris. Penggunaan teknologi informasi untuk berjualan dan mempromosikan produk di online market place merupakan salah satu tools yang sangat efektif di masa pandemi ini. Pendampingan IKM oleh kelompok 45 KKN UMJ telah berhasil memberikan solusi kepada beberapa pelaku IKM dalam menghadapi tantangan di masa pandemi covid-19 dan membantu mempertahankan kelangsungan bisnisnya.

Full Text:

PDF

References


Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand Volume 2(1): 123-130). e-ISSN : 2715-4920.

Indika, D. R., Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Volume 01(01): 25-32. ISSN 2580 – 4928.

Kartasasmita, A. G. (2020) Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenperin Tetap Pacu Pengembangan IKM. Siaran Press. Retrieved from

https://kemenperin.go.id/artikel/21677/.diakses tanggal 2 September 2020.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2016). Peraturan Kementerian Perindustrian No. 64 tahun 2016. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Jakarta. Eko S.A Cahyato.

Rangkaan Pertama Perstiwa Covid Retrieved September 17, 2020, from kompas.website: https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/

Rebecca. (2017). Cara Promosi Online Yang

Efektif Untuk Bisnis. Retrieved from

https://www.progresstech.co.id/

blog/cara-promosi-online-efektif/. diakses tanggal 9 September 2020.

Susanti, N. (2009). Analisis implikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Melalui Testimoni Dalam Situs Pemasaran Internet. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 2 (1):1-23.

WHO Tetapkan Wabah Virus Corona Sebagai Pandemic Global. Retrieved September 4, 2020, from Kompastv. website:

https://www.kompastv/.diakses tanggal 4 September 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ