EDUKASI PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI PENANAMAN SISTEM HIDROPONIK DIWILAYAH LAPAK CEGER

Daniel Handoko, Angga Reksa Arnoldhy, Kemal Wirawan Syahriza, Aprihanto Adiguno, Oki Oktavian Nurachman, Jenny Putri Ajeng

Abstract


Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pembangunan pendidikan di Indonesia telah menunjukan keberhasilan yang cukup besar. Wajib belajar sembilan tahun yang didukung pembangunan insfratruktur sekolah dan diteruskan dengan wajib belajar Sembilan tahun adalah program sektor pendidikan yang diakui cukup sukses. Akan tetapi masih banyak anak anak yang tidak bisa sekolah, faktor ketidakmampuan membiayai sekolah atau faktor ekonomi menjadi faktor penyebab paling dominan putus sekolah. Seperti yang ternyadi di wilayah lapak ceger. Wilayah ini merupakan daerah yang tidak layak dihuni, masyarakat di sini memiliki ekonomi yang tidak baik sehingga banyak anak anak yang tidak bisa bersekolah. Melihat kondisi ini, Universitas Muhammadiyah Jakarta bekerja sama dengan Waste Hub Solution mengadakan KKN Online di wilayah Lapak Ceger. Program yang akan dijalankan adalah Edukasi dan Sosialisasi Hidroponik dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai. Sasaran kami adalah anak anak yang tinggal di lapak ceger. Kegiatan ini dilakukan dengan edukasi dan sosialisasi langsung dengan 20 anak lapak ceger. Tidak lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu anak anak dan meningkatkan kreatifitas anak.


Full Text:

PDF

References


Del Rosario, A. Dafrosa, and P.J.A. Santos. (1990). Hydroponic culture of crops in the Philippines: Problems and prospect. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, November 25-27, 1990.

Gunawan, Ary H. (2000) . Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masduki, A. (2017). Hidroponik Sebagai Pemanfaatan Lahan Sempit DI Dusun Randubelang, Bangun Harjo, Sewon Bantul. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 185-192

Mas’ud, H, 2009, Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada, Media Litbang Sulteng.

Noor, A. H. (2015, 1). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesnatren Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri. Jurnal Empowerment , 3, 1-31.

Roidah, I. S. (2017). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Bonorowo, 1(2), 43-50

Samsul Hidayat, Y. S. (2020, 2). Penerapan Model Hidrponik Sebagai Upaya Penghematan Lahan Tanam Di Desa Babadan Kecematan Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 2, 141-148.

St. Fatmah Hiola, N. A. (2020, 1). Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Bercocok Tanam Secara Hidroponik Bagi Masyarakat Pesisir. Jurnal Dedikasi, 22, 39-42.

Tom, T, (2005).Garden History: Philosophy and Design, 2000 BC--2000 AD, Spon Press; New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ