Peningkatan Kemampuan Menyusun Materi Pembelajaran melalui Penggunaan Mind Map

Rohita Rohita, Suwardi Suwardi

Abstract


Keterampilan menjelaskan sebagai salah satu keterampilan mengajar guru, perlu dikuasai. Kemampuannya terlihat dari bagaimana guru menjelaskan materi pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya untuk disampaikan kepada anak didik dalam proses pembelajaran. Agar materi pembelajaran yang disampaikan kepada anak didik dapat diterima, dipahami, dan bermakna bagi anak maka diperlukan kemampuan guru dalam menyusun materi pembelajaran. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun materi pembelajaran dengan menggunakan mind map. Kegiatan dilakukan kepada 9 orang guru PAUD sebagai peserta. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pemaparan materi, workshop, pemberian tugas, pendampingan, dan pemaparan hasil karya. Kesimpulan yang didapat adalah seluruh guru PAUD yang berjumlah 9 orang mampu menyusun materi pembelajaran dengan menyajikan informasi yang lebih banyak dan lebih lengkap serta terkait dengan tema dan sub tema setelah menggunakan mind map


Full Text:

PDF

References


Birbili, M. 2006. Maping Knowledge: Concept Maps in Early childhood Education. Journal Early Childhood Research & Practice , Vol 8, No 2.

Bozan, A. 2007. Mind Maps. New York, America: Oxford Press.

Daghistan, B. I. (2016). Mind Maps to Modify Lack of Attention. Among Saudi Kindergarten Children. International Education Studies , 245-256, Vol 9 No 4.

Endarta. 2018. Pengetahuan faktual, konseptual prosedural/ operasional dasar dan metakognitif.

Keles, O. 2012. Elementary Teachers Viewon Mind Mapping. International Journal of Education, Vol 4, No 1.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohita. 2019. Mind Mapping: A Helping Tool For Making Learning Plans Kindergarten. International Society for Engineers and Research. Proceeding of ISER-ACN International Confrence, Singapore.

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Sukirman, Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ