Penguatan Pemahaman Strategi Branding melalui Pendampingan Daring bagi Anggota Asosisasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita

Ady Santoso, Muhammad Istizar

Abstract


Branding merupakan kegiatan yang mengkombinasikan mulai dari nama, logo, simbol, dan aspek lainnya yang menjadi identitas dari suatu produk yang tertuang ke dalam desain visual. Kedudukan branding suatu produk saat ini adalah senjata pemasaran produk yang lebih utama dibandingkan kualitas produk itu sendiri. Sehingga kini banyak masyarakat yang membeli suatu produk bukan karena menyukai rasanya atau menggemarinya, namun lebih kuatnya akan branding dari produk tersebut. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan agenda penguatan pemahaman strategi branding dengan pesertanya adalah para anggota Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita dilaksanakan dengan bentuk pendampingan dalam jaringan (daring/online), hal ini karena kondisi situasi ditengah Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkannya kegiatan dilangsungkan dalam bentuk tatap muka/ luar jaringan (luring). Penguatan strategi branding ini bermaterikan brand identity sebagai strategi yang digunakan dalam strategi branding. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan brand identity sebagai strategi branding dengan memanfaat teknologi digital. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pemberian materi dan pendampingan strategi branding dari produk-produk hasil produksi anggota Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita yang dilakukan secara daring dengan menggunakan media video conference. Hasil dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini telah berhasil telah berhasil dalam mengenalkan, menguatkan, dan meningkatkan pemahaman para peserta tentang kegiatan strategi branding dengan menggunakan kekuatan brand identity.


Full Text:

PDF

References


Buku

Aaker, D. 2014. Aaker On Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

JN, Kapferer. 2004. The New Strategic Brand Management. London: Kogan Page.

Kotler, P. 2005. In M. Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. 2008. In B2B brand management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Ketler, P., Keller, K. L. 2012. Marketting Management (14th ed). New York: Pearson.

Malhotra, Vaid, H. 2003. Branding. Cambridge: The Ilex Press Ltd.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity : An Essential Guide for the Whole Branding Team Hardcover

Wheeler, Alina. 2013. Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Jurnal

Hildayanti, Siti Komariah. & Alie, Juhaini. (2017). Strategi Branding Usaha Kecil Industri Pempek Kelurahan 2 Ulu dan 26 Ilir Palembang. JURNAL ABDIMAS MANDIRI VOLUME 1 No.1 NOVEMBER 2017 hal 26 – 30.

Kusno, F., Radityani, A., & Kristanti, M. (2007). Analisa Hubungan Brand Strategy yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe dan Brand Equity yang Sudah Diterima Konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan. Vol. 3 No.1, 43-56.

Oktaviani, Femi. et al. (2018). Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 Agustus 2018, Hal. 348-354.

Sugiarto, Catur. (2019). Pelatihan Branding Sebagai upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. Jurnal SEMAR Vol. 8 No.2, 2019 hal. 1 – 5.

Website

Soraya Novika. 2020. Beda Dampak Pandemi Corona ke UMKM dengan Krisis 1998 diakses dari https://finance.detik.com pada 24 Agustus 2020

Dokumen Pemerintah

Presiden Republik Indonesi (2019). Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2019). Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ