Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19

Diana Diana, Nor Laila

Abstract


Home Industri adalah suatu unit usaha/perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Biasanya usaha ini hanya menggunakan satu atau dua rumah sebagai pusat produksi, administrasi dan pemasaran sekaligus secara bersamaan. Peran Home Industry sangat berarti dalam memberdayakan  masyarakat agar memiliki kemandirian dalam bidang ekonomi. Home Industri yang dijadikan mitra dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah usaha home industry adalah Masakan Jawa Ibu Yani. Permasalahan yang sering dihadapi pada usaha Home Industri dalah hambatan dalam menghadapi pengembangan usaha  karena sulitnya pemasaran terutama pada saat pandemic Covid 19. Untuk memecahkan masalah tersebut, tim pengabdian masyarakat  menawarkan jasa pendampingan tentang penerapan manajemen pemasaran yaitu diantaranya dengan pemahaman tentang penting Branding terhadap produk dan pemanfaat tekhnologi informasi dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan  adalah Participatory Rural Appraisal  ( PRS) yang memungkinkan mitra berpartisipasi  aktif dalam kegiatan sejak identifikasi  masalah sampai akhir kegiatan. Materi  yang disajikan  pada kegiatan pendampingan adalah pemahaman tentang Branding dan Digital Marketing. Hasil pendampingan menunjukan bahwa secara kualitatif mitra memperoleh tambahan pengetahuan, pemahaman,  dan wawasan serta ketrampilan dasar tentang pemasaran online. Dan dari Pengabdian Masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pendampingan penerapan Manajemen Pemasaran dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan bagi pelaku Usaha Home Industri.

Full Text:

PDF

References


Adi, Rukmiyanto Isbandi. (2019). Intervensi Komunitas dan Pembangunan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jagoan Hosting. (2018). Panduan WorsPress SEO: 16 Langkah Mudah untuk Menjadi No.1 di Hasil Pencarian. Jakarta : www.jagoanhosting.com

Agustina, Tri Siwi. (2015). Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

I. Melay et al. (2017), Green entrepreneurship in SMEs: a configuration approach, Inderscience Enterprises Ltd, Liechtenstein

Kasmir (2016), Kewirausahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kodrat, David S., & Christina, Wina (2015), ENTREPRENEURSHIP sebuah ilmu, Erlangga, Jakarta.

Kowandi, Otniel (2017), Cyber Preneur, Elex Media Komputindo, Jakarta.

I. Melay et al. (2017), Green entrepreneurship in SMEs: a configuration approach, Inderscience Enterprises Ltd, Liechtenstein.

Gunawan, I. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF. In Bumi Aksara (5th ed.).

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Taufik, Eka Avianti Ayuningtyas 2020, “Dampak Pandemi Covid -19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online”, Jurnal Pengembangan Wiraswasta , Vol. 22 No. 01 – Apr 2020 No.01 – Apr 2020 LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. DOI : http : // dx.doi.org/ 10.33370/ jpw.v22i1389.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ