Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Menjadi Hiasan Dinding untuk Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Jalan Lele Rt 03 Rw 05

Ahmad Fikri Adriansyah, Apri Utami Parta Santi, Nurbaiti Widyasari, Quinesa Agustin

Abstract


Kebutuhan plastik terus meningkat dengan adanya kemajuan teknologi, permasalahan limbah di Indonesia mengakibatkan pencemaran dari berbagai aspek di sekitar masyarakat. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mencatat bahwa produksi limbah di Indonesia mencapai 67,8 juta ton pada tahun 2020. Angka ini meningkat  1% dari tahun 2019 yang "hanya" mencapai 66-67 ton limbah. Sebanyak 9 juta ton dari keseluruhan limbah tersebut adalah limbah plastik. Hasil observasi yang dilakukan terhadap masyarakat yang berdomisili di Jalan Lele RT 03 RW 05, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang menunjukkan bahwa limbah plastik yang dihasilkan rata-rata mencapai 3 (tiga) kilogram per KK per hari. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat limbah plastik adalah dengan mendaur ulang limbah tersebut menjadi produk kerajinan tangan yang bermanfaat bahkan bernilai jual. Pada masa pandemi ini hasil dari nilai jual mampu membantu perekonomian dan memerlukan peningkatkan kreativitas untuk pemanfaatan limbah plastik menjadi hasil karya berupa hiasan dinding yang nantinya selain mengurangi limbah rumah tangga mampu meningkatkan. Selain kegunaan tersebut hasil kerajinan bisa jadi nilai jual tergantung hasil kreasi masing-masing masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai pemanfaatan limbah gelas plastik adalah survey, wawancara, dan angket. Hasil dari pemanfaatan limbah gelas plastik menjadi kerajinan tangan berupa hiasan dinding untuk meningkatkan kreativitas serta keterampilan masyarakat di wilayah Jalan Lele RT 03 RW 05 Bambu Apus Pamulang.

Full Text:

PDF

References


Budiono. 2017. PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK MENJADI PRAKARYA BONEKA PINGUIN SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI DARI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal PINUS. 2(2): 113

Denok S. 2019. Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. Jurnal Universitas Pamulang. 1(4): 189.

Diana, S., Marlina, Zuhra A., & Elwina. 2017. PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH. Jurnal Vokasi. 1(1): 68

Eries DM. 2019. Pemberdayaan PKK Desa Pagarawan melalui Budi Daya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Bangka Belitung. 5(3): 177-178.

Filson MS. 2019. Pendidikan Lingkungan: Plastic Pollition Awareness di Desa Jatireja, Cikarang, Jawa Barat. Academics in Action Journal. 1(2): 89-90.

Lokajaya, I.M., Indo, W., & Karunia A. 2019. PENGELOLAAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK KERAJINAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT SENDANG DAJAH. Jurnal Abdikarya. 03(04): 304

Marliani. 2014. PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA (SAMPAH ANORGANIK) SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI DARI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal Formatif 4(2) : 125.

Roidah IS. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 1(2): 43– 50.

Sih H. 2015. MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. 6(2): 144.

Siti RN. 2018. PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI KERAJINAN TANGAN DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 6(2): 117.

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. 2019. Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Hutan Lindung dan Hutan Produksi di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 3(2): 119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ