Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Menjadi Produk Mozaik dan Pupuk Organik di Wilayah Kampung Cerewed Keluran Duren Jaya Bekasi Timur

Dewi Setiyaningsih, Iswan Iswan, Herwina Bahar, Eka Verra Erviana

Abstract


Pengetahuan masyarakat  khususnya masyarakat Kp.Cerewed RT.02 RW.07, Kel. Duren Jaya, Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi akan penanggulangan sampah daur ulang masih terbilang sangat kurang. Padahal, apabila penanggulangan sampah daur ulang dapat dilaksanakan dengan optimal, hal ini dapat mengurangi sampah secara signifikan. Daerah Kp.Cerewed RT.02 RW.07 memiliki banyak rumah makan yang menggunakan telur sebagai bahan dasar olahannya. Telur merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.Sehingga penggunaan telur sangat melimpah. Penggunaan telur yang melimpah tersebut menghasilkan limbah cangkang telur yang melimpah juga. Cangkang telur yang merupakan limbah dapat kita manfaatkan menjadi karya mozaik dengan nilai jual tinggi dan juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk organik. Tujuan dilaksanakan kegiatan KKNN ini adalah menambah pemahaman, pengetahuan, dan wawasan kepada warga Kp.Cerewed terhadap manfaat cangkang telur. Pada kegiatan KKNN ini dilakukan survei lokasi, wawancara sebelum dan sesudah penyuluhan. Materi penyuluhan adalah penjelasan mengenai kandungan dan manfaat cangkang telur, cara pembuatan karya mozaik dan pupuk cangkang telur, cara memupuk tanaman. Setelah mengikuti penyuluhan, warga mengetahui kandungan dan manfaat cangkang telur dan mereka mulai mengumpulkan cangkang telur serta membuat karya mozaik dan pupuk tanaman yang berasal dari cangkang telur. Hal ini dapat membantu mengurangi sampah daerah tersebut secara signifikan untuk didaur ulang menjadi bahan yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis

Full Text:

PDF

References


Christiningrum, D. Y., & Prabowo, S. (2015). MAKNA SIMBOLIK SENI KOLASE DARI LIMBAH KULIT TELUR KARYA SUPADJI SAHAR DI DESA GEDANGAN KECAMATAN KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 3 N.

Lingga, & Marsono. (2004). Petunjuk Penggunaan Pupuk. Redaksi Agomedia.

Melsa, F., A, E., & Jupriani. (2016). APLIKASI LIMBAH SIMAUANG, CANGKANG TELUR, DAN BONGGOL JAGUNG KEPADA AKSESORIS RUANG. UNIVERSITAS NEGERI PADANG.

Nurjanah, Susanti, R., & Nazip, K. (2017). Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap pertumbuhan tanaman caisim (Brassica juncea L) dan sumbangannya pada pembelajaran biologi SMA. Seminar Nasional Pendidikan IPA.

Nurjayanti, N., Zulfita, D., & Raharjo, D. (2012). Pemanfaatan Tepung Cangkang Telur sebagai Substitusi Kapur dan Kompos Keladi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah pada Tanah Aluvial. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian Untan, Vol.1 No.1, 16–21.

Syam, Z. Z., Kasim, H. A., & Nurdin, H. M. (2014). Pengaruh Serbuk Cangkang Telur Ayam Terhadap Tinggi Tanaman Kamboja Jepang (Adenium obesum). E-Jipbiol, Vol. 3, 9–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ