Analisis Kemampuan Numerik Siswa ditinjau Dari Cara Mengajar Guru

Muhammad Alpadery, Arlin Astriyani, Mahbubul Wathoni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan numerik yang perlu diperhatikan karena pengajaran yang dilakukan adalah secara online atau secara daring dikarenakan kurangnya pengawasan guru terhadap siswa dalam memahami materi, penulisan angka dan rumus yang sering kali kurang tepat dan teliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerik siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Ciputat yang ditinjau dari cara mengajar guru melalui tiga jenis pengajaran daring yang berbeda yaitu pembelajaran melalui video, pembelajaran melalui foto dan audio, dan pembelajaran melalui power point dan PDF. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga subjek siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Ciputat. Instrumen penelitian ini soal tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan kemampuan numerik siswa ketika guru menggunakan video menghasilkan kemampuan numerik yang paling baik, sedangkan kemampuan numerik siswa ketika pembelajaran melalui foto dan audio menghasilkan kemampuan numerik yang cukup baik sedangkan ketika guru memberikan pembelajaran melalui pemberian power point dan PDF menghasilkan kemampuan numerik siswa yang kurang baik.


Full Text:

PDF

References


Indrawati, Farah. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 3(3): 215-223. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/984.

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Cara Mengajar Guru

Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi

Penggolongan Hewan Di Kelas V SD Negeri Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6 No. 1 http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article

Oktaviana, Dwi & Nurmaningsih. (2019). Kemampuan Numerik Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan, 2(1): 79-93. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1426.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Putria, Hilna., Maula, Luthfi Hamdani . dan Uswatun, Din Azwar. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4, No. 4 Tahun 2020 Halm. 861 – 872. https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Rahmat, Hery dan Jannatin, Miftahul. (2018). Hubungangaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran bahasa Inggris. ẽl-Midad Jurnal Jurusan PGMI. Vol .10 No.2. Hal. 98-111. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/download/775/436

Rowikarim, Aja. (2017). Mengajar yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 07; No. 01; 2013; 40-50. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/55/56

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ