Peran Guru dalam Membuat Model Pembelajaran Daring yang Inovatif dan Kreatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Diah Andika Sari, Hasanul Misbah, Irmani Qorinatur Ridwan

Abstract


Pada awal tahun 2020, dunia dilanda pandemi corona virus (COVID-19). Dunia pendidikan adalah bidang yang sangat terdampak oleh pandemi ini. Bagaimanapun juga, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Akhirnya keluarlah kebijakan melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9, mengenai proses kegiatan Pendidikan. Proses belajar mengajar yang awalnya dilaksanakan di sekolah diganti menjadi dilaksanakan di rumah saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membuat model pembelajaran yang inovatif serta kreatif terhadap motivasi siswa Kelas 1A selama pembelajaran daring di SDN Gandaria Utara 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan menggunakan google form. Jumlah sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa kelas 1A yang terdiri dari 52% perempuan dan 48% laki-laki. Hasil perhitungan lembar kuesioner motivasi belajar peserta didik, diperoleh rata-rata skor sebesar 83,96 yaitu berada pada kriteria tinggi. Dari keseluruhan sampel siswa, semua atau 100% siswa berada pada kategori motivasi belajar matematika yang tinggi. Tidak ada atau 0% dari sampel siswa yang berada pada kategori motivasi belajar matematika yang sedang maupun kategori motivasi belajar matematika yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru berperan dalam meningkatkan motivasi siswa melalui media pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Wahyono, P., H. Husamah., & Anton, S. B. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65. Retrieved from https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Wibowo, A. T., Isa, Akhlis., & Sunyoto, E. N. (2014). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127-137. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/548

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 11-18. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646

Umairah, P., & Zulfah. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “Google Classroom” Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 2(3), 275-285. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/319

Lestari, A. P. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 0-216. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/249363/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-dengan-penerapan-model-pembelajaran-kooperat

Handayani. R. T. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar PKN Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV di MI Yakti Purwosari Kec. Tegalrejo Kab. Magelang. Universitas Islam Negeri Sunan Kaligara, Yogyakarta, Indonesia

Listiani, Lita. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pada Materi Cahaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament Siswa Kelas V SD N Godean 2 Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Kompasiana Beyond Blogging. Retrieved April 17, 2017, from website: https://www.kompasiana.com/milaseptian/58e5729fc223bdb923c941f8/solusi-praktis-bagi-guru-dalam-menerapkan-pembelajaran-yang-kreatif-dan-inovatif

Obor Keadilan, Independent News & Anti Rasuah. Retrieved August 10, 2020, from website: https://www.oborkeadilan.com/2020/08/upaya-guru-dalam-meningkatkan-motivasi.html

Nugraheny, Aulia Riska. (2020). Peran Teknologi, Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi. LIS Scholarship Archive Works. Website: https://osf.io/preprints/lissa/hz57r/

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2020). Perlunya Inovasi Pembelajaran Selama Kebijakan Belajar dari Rumah. Bogor. Dina Martha Tiraswati.

Fitriyani, Y., Irfan, F., & Mia Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, 6(2), 165-175. Retrieved from: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2654


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ