Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A SD Negeri Gandaria Utara 03

Diah Andika Sari, Rikaro Ramadi, Velya Pramesthi Putri Ragil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas I A SD Gandaria Utara 03 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif-eksperimen. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil belajar siswa yang belajar tanpa menggunakan video pembelajaran (pretest) adalah 84,40 sedangkan rata-rata nilai siswa yang belajar menggunakan video pembelajaran (posttest) adalah 94,40. Nilai koefisien korelasi (Correlation) sebesar 0,507 dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,010. Karena nilai sig 0,010 > probabilitas 0,05 , maka dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara variable Pretest dengan variable Posttest. Nilai Sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa video pembelajaran sama dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan video pembelajaran dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan video lebih baik dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa video pembelajaranbahwa. Sedangkan dari uji t didapatkan bahwa  thitung = (-4,804) < ttabel =   (-2,043). Yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan video pembelajaran. Media video pembelajaran yang digunakan di akses dari youtube. Hasil penelitian juga menunjukkan video pembelajaran membuat siswa senang mengikuti proses pembelajaran daring, juga memudahkan siswa dalam menyerap materi pembelajaran daring. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa kelas 1A di SD Negeri Gandaria Utara 03, Jakarta Selatan.

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2005). IM 2023. Multimedia semester Genap 2005/2006, Fakultas Teknik Informatika Univ. Kristen Duta Kencana.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Pers.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Kristanto, A. (2010). Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Teknologi Pendidikan, 11:12-22.

Lin, H., Chen, T., Dywer, F.M. (2006). Effects Of Static Visuals And Computer Generated Animations In Facilitating Immediate And Delayed Achievement In Efl Classroom. Foreign Language Annals, 39(2).

Lowe, R. (2004). Animation And Learning: Value For Money? Proceedings Of 21st ASCILITE Conference, 558-561.

Manalu, K. (2010). Pengaruh Alat Visualisasi (Gambar Diam Dan Animasi) Terhadap Miskonsepsi, Hasil Belajar dan Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Medan: Tesis Program Pasca SarjanaUNIMED.

Nazir, M, (2002). Metode Penelitian, Darussalam: Ghalia Indonesia.

O’Day, D.H. (2008). Using animations To Teach Biology: Past and Future Research on The Attributes That Underlie Pedagogically Sound Animations. The American Biology Teacher, 70 (5).

Suyatna, A. (2008). Pemanfaatan Multimedia Untuk Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai, Prosiding: Seminar Nasional Sains, Univ. Lampung

Zulkarnain. (2009). Kultur Jaringan Tumbuhan: Solusi Perbanyakan Tanaman Budi Daya, Jambi, Bumi Aksara.

Yunita, Dwi. PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. Tersedia: A. Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Moral, JPII, 2 (2), 149-155.

B. K. Puteri dan A. Widiyatmoko. 2013. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMP N 2 Tengaran, JPII, 2 (2), 102-106.

Deni Afriani dan Astuti Wijayanti. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan IPA Natural, 1 (1), 1726.

Galuh Rahayuni. 2016. Hubungan Keterampulan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM, JPPI 2 (2), 131-146.

Imaningsih dan D. S. Bimo. 2013. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Leterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA, JPII, 2 (2), 136-141.

Lisa Ariyanti Pohan. 2014. Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA do SMP, Keguruan, 2 (1), 167-172.

M. Rohwati. 2012. Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, JPII, 1 (1). 75-81.

N. Imamah. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan, JPII, 1 (1), 32-36.

Nana Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Okti Desta Tri Maharani dan Firosalia Kristin. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Make A Match, Wacana Akademika, 1-6.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ