Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara

Aida Sumardi, Lutfi Lutfi, Farihen Farihen, Santika Putri Banowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan produk pada kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberdayaan masyarakat, yaitu perpustakaan mini. Perpustakaan mini sangat penting dalam meningkatkan minat baca sebab perpustakaan mini juga dapat menjadi jembatan penyedia informasi maupun kegiatan literasi membaca pada anak sekolah dasar. Dalam pembuatan perpustakaan mini haruslah memperhatikan beberapa genre dan peringkat usia agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu tujuan dari produk pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelayanan pendidikan pemakai, misalnya kegiatan bimbingan belajar agar anak usia sekolah dasar dapat memahami beberapa materi yang tidak dimengerti oleh mereka serta terdapat kegiatan dongeng secara bersama melalui koleksi buku bacaan di perpustakaan mini. Pada perpustakaan mini terdapat banyak koleksi buku bacaan yang menarik seperti pop up book, English book, puzzle book, dan sebagainya. Dengan adanya koleksi buku bacaan tersebut, anak usia sekolah dasar menjadi lebih senang untuk mengunjungi perpustakaan mini dan mereka juga dapat memperoleh ilmu dari koleksi buku bacaan tersebut sehingga dapat meningkatkan minat baca melalui perpustakaan mini pada anak usia sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Slamet. (2019). Pembelajaran Bahasa dan

Sastra Indonesia. Surakarta: UNP.

Rahma Elva. (2018). Akses dan Pelayanan

Perpustakaan. Jakarta: Prenada Group.

Saleh, RA. (2019). Manajemen Perpustakaan.

Banten: Universitas Terbuka.

Rosidi Ajip. (2016). Pembinaan Minat Baca

Bahasa dan Sastra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasiyun Suharmono. (2015). Upaya

Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa, 1(1), 79-95, Retrieved from https://jounal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/viewFile/140/61 (Diakses pada 21 September 2020)

Winanto Yunus, dkk, (2017). Kebiasaan

Membaca dan Kebutuhan Bahan Bacaan Pemustaka Anak-anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (Penelitian Survei). 5(1), 59-66, Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/2288/2683 (Diakses pada 6 Oktober 2020)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Retrieved from http://www.bpkp.go.id/public/upload/uu/2/36/43-07.pdf (Diakses pada 6 Oktober 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ