Pemanfaatan Bahan Rumah Tangga dalam Pembuatan Sabun Cair dari Sabun Batang di Masa Pandemi

Mahbubul Wathoni, Ahmad Susanto, Anisa Kirana Dewi Putri Syahban

Abstract


Saat ini dunia sedang mengalami suatu pandemi yang menyebabkan penurunan di banyak sektor, salah satunya di sektor perekonomiannya. Corona Virus Disease 2019, atau biasanya disebut COVID-19 merupakan jenis wabah atau penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan corona virus, yaitu SARS-coV-2. Kasus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini sangat cepat menular dan menyebar ke berbagai negara dalam beberapa bulan saja, termasuk negara Indonesia. Oleh karena itu, semua orang harus hati-hati saat ini. Terlebih saat ini pemerintah memberlakukan PSBB dan social distancing yang dapat berakibat buruk dengan kehidupan manusia. Dengan berlakunya PSBB, kita di harapkan untuk tidak keluar rumah secara terus menerus. Saat di rumah saja kita dapat menambah kreativitas dengan mencoba untuk membuat suatu barang atau produk. Sabun adalah bahan yang digunakan bersama dengan air untuk mencuci tangan. Jenis sabun dapat di bagi menjadi 2, yaitu sabun batang dan sabun cair. Kandungan di dalam sabun cair maupun sabun batang sama saja.  Proses pembuatan sabun cair dengan menggunakan sabun batang ini bisa dikatakan mudah untuk dilakukan. Dalam proses pembuatannya, tidak memerlukan banyak bahan yang digunakan. Saat pandemik seperti ini, kita diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun untuk menjaga kesehatan. Manfaat dari mencuci tangan menggunakan sabun ialah agar terhindar dari berbagai macam kuman penyakit. Dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun, kita akan menjaga kesehatan untuk diri sendiri dan orang lain.


Full Text:

PDF

References


Sari, Tuti Indah dkk. 2010. Pembuatan Sabun Padat Dan Sabun Cair Dari Minyak Jarak. Jurnal Teknik Kimia. No. 1, Vol. 17, Januari 2010.

Amalia, Rizka dkk. 2018. Produksi Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Peningkatan Efwktivitas Dan Peluang Wirausaha. Jurnal Metana. Vol. 14(1).

Mustikawati, Intan Silviana. 2017. Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif.

Widyasanti, Asri. 2017. Pengaruh Konsentrasi Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Dan Minyak Jarak (Castor Oil) Terhadap Sifat Fisikokimia Dan Organoleptik Sabun Mandi Cair. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia. Vol. 09, No. 01, 2017.

A, Widysanti dkk. 2016. Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Sabun Berbasis Komoditas Lokal Di Kecamatan Sukamantri Ciamis.

Sugiarto dkk. 2019. Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SDN 37/1 Kecamatan Bajubang. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI). Vol. 1 No. 2, Oktober 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ