UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA DURENSERIBU DEPOK DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI WAHATSAPP BUSINESS

Laily Nurmalia, Adiyati Fathu Roshonah, Sholehuddin Sholehuddin, Ulfiatu Zulfa

Abstract


Peningkatan ekonomi merupakan suatu hal yang sepenuhnya harus dilakukan guna memberikan kesejahteraan pada masyarakat terutama pada saat pandemi sekarang ini. Pandemi yang terjadi saat  ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian. Sehingga terjadilah penurunan ekonomi di desa-desa, salah satunya di daerah RT 02/09 Durenseribu, Depok. Menurunnya perekonomian ini sangat berdampak pada warga khususnya  para peternak ikan karena dengan adanya pandemi mereka tidak dapat menjual hasil ternaknya secara teratur. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi kepada masyarakat untuk menjual hasil panennya secara online dengan menggunakan aplikasi WhatasApp Business. Hal ini bertujuan agar meningkatnya kembali perekonomian keluarga dengan melakukan penjualan secara online menggunakan aplikasi WhatsApp Businessdan hal ini juga merupakan salah satu cara memanfaatkan media teknologi yang ada. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu mengunakan metode pendekatan deskriptif yaitu dengan adanya observasi dan  pelatihan.. Hasil dari penelitian ini adalah warga dapat berjualan menggunakan akun bisnis yang sudah dibuat menggunakan Aplikasi WhatsApp Business. Akun bisnis yang telah dibuat masyarakat tidak hanya digunakan untuk berjualan hasil panennuya saja tetapi ada juga masyarakat yang  menggunakannya untuk berjulalan pakaian,makanan dan sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Bintarto. (1977). Buku Penentuan Geografi Sosial. Yogyakarta: UP Spring.

citrawulani2020PENGERTIAN EKONOMI SECARA UMUM

Erlina, R. (2017). Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Unit Desa Usaha Terbimbing. AKADEMIKA , Vol.22 (No.02).

Firman, H. (2017). Pemberdayaan Industri Pengolahan Hasil Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Public Corner , Vol.12 (No.1).

Fitriana, R. (2020, april 18). Menurunnya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020. Retrieved from sukabumiupdate: https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68108-Menurunnya-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-2020

Gitiyarko, V. (2020, juni 22). Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi Covid-19. Retrieved from kompaspedia.kompas.: https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perkonomian Indonesia. jurnal of education phsycology and conseling , Vol.2 (No.1).

Harahap, I. S. (2018). Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Argibisnis Pedesaan (PUAP) di Desa Hanopan Kecamatan Arse Kabupaten Tapnuli Selatan. Jurnal Ilmiah Muqoddimah , Vol.2 (No.2).

Hasim, D. (2018). Studi Komparatif Tereduksinya Kampung Nelayan di Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate Provinisi Maluku Utara. Jurnal Ekonomi Pembangunan , Vol.VI (No. 1).

Iskandar, P. (2010). Economics pengantar mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.

T, G. (2004). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: KANISIUS.

Vernia, D. M. (2017). OPtimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi , Vol.1 (No.2).

Yusuf. (2020, agustus 26). Whatsapp Business dengan Kelebihan dan Kekurangannya. Retrieved from belajardm: https://belajardm.com/whatsapp-business/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ