Pemanfaatan Boneka Tangan untuk Media Pembelajaran Daring dan Ekonomi Masyarakat Selama Covid 19

Authors

  • Venni Herli Sundi PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Hastri Rosiyanti Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Tiara Astari PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419
  • Bunga Puspita PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Abstract

Pembahasan dalam jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media boneka tangan dan pengaruhnya terhadap media pembelajaran daring dan ekonomi masyarakat yang di lakukan di desa cipadu kota tangerang kecamatan ciledug. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ceramah dengan metode ceramah dan demonstarasi. Subjeknya adalah guru, siswa dan masyarakat yang berjumlah total 20 orang. Peneliti menemukan bahwa:1). Pemanfaatan boneka tangan untuk ekonomi masyarakat sangat baik, terlihat dari perencanaan, aktivitas guru siswa dan masyarakat serta respon yang telah diberikan antusias, semangat, perhatian dan kerja sama. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan boneka tangan terhadap media pembelajaran daring dan ekonomi masyarakat di daerah Cipadu Kota Tangerang Kecamatan Ciledug.

Author Biographies

Venni Herli Sundi, PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Hastri Rosiyanti, Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Pendidikan Matematika FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Tiara Astari, PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

PG-PAUD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

Bunga Puspita, PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

PGSD FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangsel, 15419

References

Ahira, A. (2011). Boneka Tangan Unik dan Mendidik. Diperoleh tanggal 15 Januari 2013 dari http://www.anneahira.com

Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2012). Media Pembelajaran Edisi 2. Bogor:Ghalia Indonesia.

Bachtiar Bachri. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dhieni Nurbiana. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fakhrudin, A., Arini U. I., (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Jurnal Bereputasi, 80-85. Retrived from.

Irlanati, G. (2012). Ragam Kreasi Boneka Tangan Istimewa. Munjul: Dunia Kreasi.

Khundaru Saddono dan Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya putra Darwati.

Khundaru Saddono dan Slamet. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwanti

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2021-02-25