Penyuluhan Bahaya Repetitive Strain Injury dan Simulasi pada Pekerja di UKM Fadhel Furniture Ujung Krawang Cakung Jakarta Timur

Renty Anugerah Mahaji Puteri, Mutmainah Mutmainah, Slametiningsih Slametiningsih, Muhammad Fadhel

Abstract


Salah satu UKM yang treletak di dilingkungan Pahlawan Komarudin Cakung Jakarta Timur adalah UKM Fadhel Furniture. UKM Fadhel Furniture merupakan UKM penghasil furniture diantaranya sofa, meja dan kursi makan, lemari dan menerima perbaikan sofa, dsb. Bahan baku yang dipakai diantaranya adalah kayu jati, kayu meranti, kayu mahoni dan lain sebagainya. UKM Fadhel Furniture mempekerjakan tiga orang pekerja, yang diantaranya melakukan pekerjaan seperti pemotongan, pembuatan pola sadar, penyerutan, penghalusan, perakitan, pemasangan aksesoris, pengecatan, finishing dan pengeringan. Dalam proses pembuatannya ada beberapa kendala meliputi :proses kerja tidak nyaman, sehingga menimbulkan berbagai  keluhan pada pekerja berdampak pada hasil yang kurang akurat. Hal ini sesuai dengan studi pendahuluan dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map kepada 3 orang pekerja dengan hasil Pekerja 1,2 dan 3 yaitu masing-masing 62, 59 dan 56 keluhan. Maka berdasarkan table klasifikasi tingkat resiko ada pada Tingkat 3 artinya memiliki kategori tingkat resiko tinggi, sehingga diperlukan tindakan menyeluruh sesegera mungkin. Hasil perhitungan diatas menunjukkan adanya masalah atau resiko dari aktivitas pada tubuh pekerja yang dilakukan secara berulang-ulang. Program pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan edukasi penyuluhan tentang bahaya repetitive strain injury pada UKM Fadhel Furniture, dengan memberikan pelatihan melalui simulasi tentang bagaimana upaya pengurangan repetitive strain injury pada UKM Fadhel Furniture. Hasil didapat pekerja dengan menggunakan software mannequin pro, rekomendasi tentang penggunaan APD, peningkatan kesadaran pekerja.

Full Text:

PDF

References


Angelo Baron, Micheal Amstrong. (2007) Human Capital Management, Kogan Page Publishers.

Anggraini, Denny Astrie, dkk. (2016). Analisa Postur Kerja Dengan Nordic Body Map & Reba Pada Teknisi Painting Di PT. Jakarta Teknologi Utama Motor Pekanbaru. Jurnal Photon Vol. 7 No.1, Oktober 2016. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau.

Armstrong, M. (2009). A Handbook of Human Resource Management Practice(11th ed.). UK: Kogan Page.

Dessler, G. (2013). Human Resource Management (13rd ed.). USA: Prentice Hall.

Dewi Nur Fadilah (2020). Identifikasi Risiko Ergonomi Dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Perawat Poli Rs X. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 2 No.2, Januari-Juni 2020. Universitas Indonesia.

Iridiastadi, Hardianto, Yassierli (2015). Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Kusmindari, Christofora Desi, dkk (2014). Aplikasi Nordic Body Map Untuk Mengurangi Musculoskeletal Disorder Pada Pengrajin Songket. Jurnal Ilmiah TEKNO Vol.11 No.1, Oktober 2014. Universitas Bina Darma, Palembang.

Kuswana ,Wowo Sunaryo, MPd. (2014) Ergonomi dan K3. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Musculoskeletal Rehabilitation Clinic. https://flexfreeclinic.com/

Nexgen Ergonomics. User Guide (MQ Pro Human Modeling System). (2001). Montreal : Nexgen Ergonomics Inc.

Penerapan-ergonomi-untuk-meningkatkan-kualitas-sumber-daya-manusia-dan-produktivitas/. https://hakiiem.wordpress.com/2009/04/24/

Pratama, Paoce, Dkk (2017). Identifikasi Risiko Ergonomi Dengan Metode Quick Exposure Check Dan Nordic Body Map. Jurnal Pasti Volume Xi No. 1. Universitas Mercu Buana.

Potter, P.A, Perry, A. G. (2005-2). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep Proses dan Praktik, Edisi 4, Volume 2, Alih Bahasa : Renata Komalasari, dkk. Jakarta : EGC.

Potter, P.A, Perry, A. G, Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep Proses dan Praktik, Edisi 4, Volume 1. Alih Bahasa : Yasmin Asih, dkk.

Santoso, Gempur. (2004). Ergonomi Manusia, Peralatan dan Lingkungan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suma’mur P. K. (1996). Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Sutjana, I Dewa Putu, Hambatan dalam penerapan K3 dan ergonomic di perusahaan, Bali, Peneletian Program Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Tarwaka. (2010). Ergonomi Industri, Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja.Solo : Harapan Press Solo.

Wijaya, Kurnia. (2019). Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Pekerja Konveksi Sablon Baju, Surakarta, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ