Teknologi Pengolahan Tanaman Kelor Bagi PKK dan LMK Kelurahan Penggilingan, Cakung Jakarta Timur

Fatma Sari, Susanty Susanty, Ratri Ariatmi Nugrahani, Tri Yuni Hendrawati, Athiek Sri Redjeki

Abstract


Kelurahan Penggilingan adalah merupakan wilayah dengan 60% kepadatan penduduknya, termasuk wilayah yang cukup kompleks permasalahannya, karena penduduknya berasal dari beberapa wilayah gusuran seperti Waduk Ria Rio yang sebelumnya mayoritas pemulung dan wilayah Kalijodo. Selain itu, tanaman kelor yang tumbuh di pekarangan rumah warga dan wilayah sebelum termanfaatkan dengan baik oleh warga setempat, sehingga permasalahan yang ditemui yaitu belum optimalnya pemberdayaan sumber daya manusia sebagai upaya meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tanaman Kelor diharapkan dapat menjadi kekhasan wilayah lokal dengan bantuan teknologi tepat guna. Oleh karenanya tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kelurahan Penggilingan, Cakung Jakarta Timur adalah pemanfaatan tanaman dan biji kelor yang tumbuh di pekarangan rumah warga sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat di wilayah tersebut. Metode yang digunakan antara lain: (1) metode pendekatan dengan melakukan analisis situasi kondisi mitra; (2) metode pelaksanaan melalui penyuluhan dan pelatihan teknik pengolahan daun dan biji tanaman kelor; dan (3) metode evaluasi melalui pengadaan pre-test, post-test, serta evaluasi keberlanjutan program dengan cara monitoring pembentukan unit usaha masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Banerji, R., Verma, S.C. &Pushpangadan, P. (2003). Oil potential of Moringa.Natural Product Radiance. 2(2): 68-69.

Kristanti, A.N., Aminah, S.S., Tanjung M., & Kurniadi, B. 2008. Buku Ajar Fitokimia. Airlangga University Press, Surabaya.

Mc Cabe, Julian C, Smith, Peter Harriot, Unit Operation, 4th ed, Mc Graw hill, 1985

Palafox, J.O., Navarrete, A., Sacramento-Rivero, J.C., Rubio-Atoche, C., Escoffie, P.A., Rocha-Urib, J.A. 2012. Extraction and Characterization of Oil from Moringa oleifera Using Supercritical CO2 and Traditional Solvents. American Journal of Analytical Chemistry, 3, 946-949

http://dx.doi.org/10.4236/ajac.2012.312A12

Sari, F., Nugrahani, R. A., Fithriyah, N. H., Nelfiyanti, N., & Susanty, S. (2018). Pengaruh Penambahan Ekstrak Minyak Dedak Padi (Rice Bran Oil) Terhadap pH Dan Sifat Antimikrobial Sabun Cair. Prosiding Semnastek.

Supardan, M.D., Apri, N., Moulana, R., Masbar, R., Mahlinda, Yani, C.S., 2017. Pengembangan Proses Ekstraksi Minyak Biji Kelor (Moringa oleifera) menggunakan Hydraulic Press berbantuan Pelarut. Laporan AKhir Penelitian Unggulan Unsyiah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ