PENINGKATAN PEMBERDAYAAN PERAWAT SEBAGAI WUJUD PROFESIONALME

Muhammad Hadi, Giri Widakdo, Aisyah Aisyah, Tri Kurniati, Harif Fadhillah

Abstract


Pembelajaran klinik keperawatan di RS Islam Jakarta Cempaka Putih idealnya dilakukan oleh pembimbing/preceptor klinik berstandar, kenyataannya masih banyak perawat yang belum atau telah habis masa berlaku sertifikasinya terlebih dimasa dimasa pandemi covid 19 ini. Model pemberian asuhan keperawatan melalui bimbingan komprehensif oleh preceptor klinik diharapkan dapat membantu meningkatkan pemberdayaan kompetensi perawat atau calon perawat (peserta didik). Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah umtuk meningkatkan  pengetahuan dan kemampuan perawat dalam pemberian asuhan keperawatan sesuai standar yang berlaku sehinga terbentuknya pribadi yang profesional dan islami. Adapun metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan pendekatan advokasi, bina suasana dan pemberdayaan perawat. Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan: peningkatan pemberdayaan perawat melalui  pelatihan receptor klinik terstandar dan pembentukan forum komunikasi preceptor klinik serta tersusunya 4 buku/modul terkait bimbingan klinik melalui pendekatan dan dukungan dari pejabat terkait. Kesimpulan, Pemberdayaaan perawat melalui retraining atau  pelatihan preceptor klinik dapat meningkatkan kemampuan diri dan sebagai wujud dari profesionalisme.


Full Text:

PDF

References


Afsouran, N., Charkhabi, M., Siadat, S. A., Hoveida, R., Oreyzi, H. R., & Thornton,G.C. (2018). Case-Method Teaching: Advantages And Disadvantages In Organizational Training. Journal of

Management Development, 37(9–10), 711–720.http://doi.org/10.1108/JMD-10-2017-0324

AIPNI. (2015). Kurikulum pendidikan profesi ners.

Asmara, F. (2014). Bedside teaching : Is it Effective in Clinical Nursing Student Learning. Jurnal Ners, 9 ,19–25.

Carlson, E., & Bengtsson, M. (2015). Perceptions of preceptorship in clinical practice after completion of a continuous professional development course- a qualitative study Part II. BMC Nursing,14(41),1–7. http://doi.org/10.1186/s12912-015-0092-8

Departemen Agama RI (1992), Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Proyek Penggandaan Kitab Suci al-qur’an)

LPPM, (2020), Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Maisza, D. (2018), Gambaran Tingkat Kepuasan Mahasiswa DIII Keperawatan Keperawatan Dalam Pembelajaran Klinik (Preceptorship) Di Poltekes Bandung. D3 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Munirah (2016), Petunjuk Alquran Tentang Belajar Dan Pembelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Jurnal Lentera Pendidikan, VOL. 19 NO. 1 JUNI 2016: 42-51

Ramani, S. (2003). Twelve Tips To

Improve Bedside Teaching.

Medical Teacher Journal, 25,

(2), 112–115. USA.

Sari, S. M., Ennimay, Marni, E., & Anggreny, Y.

(2017). The implementation of preceptorship model improve competncy achievement of nursing clinical students. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (INJEC), 2(1), 118–125.

Retrieved from https://injec.aipni-ainec.com/index.php/INJEC/article/download/128/116

Shepard, L. H. (2014). Student perceptions of preceptorship learning outcomes in BSN programs. Journal of Nursing Educational and Practice, 4 (5), 73–84. http://doi.org/10.5430/jnep.v4n5p73

Staples, E., & Sangste, E. (2018). Supporting Nurse Practitioner Education : Preceptorship recruitment and retention. International Journal of Nursing Sciences, 5(2), 115–120. http://doi. org/10.1016/j.ijnss.2018.03.005

Tim Pelatihan AIPNI. (2016). Model bimbingan klinik: Preceptorship. In Pelatihan Preceptorship.Toraja Utara.

Windyastuti, (2016), Pelatihan Preceptorship Untuk Perawat Baru Di Rumah Sakit, Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang

Wahyuningsih, E (2017), Hubungan Interaksi Preceptor dengan Softskill Mahasiswa Praktik Keperawatan di KMR Wongonegoro, Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ