Penerapan Metode 5S Dalam Mengurangi Waktu Pengambilan Berkas Di Perusahaan XYZ

Nelfiyanti Nelfiyanti, Fiqi Riskayadi, Anwar Ilmar Ramadhan, Ery Diniardi, Kisman H Mahmud

Abstract


Perusahaan XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemerintahan. Salah satu bagian yang ada di dalam perusahaan adalah bagian penangan konflik. Dimana selama ini pekerja membutuhkan waktu yang lama yaitu sebesar 34 menit dalam pengambilan dokumen yang dibutuhkan Karen dokumen yang tidak tertata dengan rapi yang hanya di geletakan saja di atas lantai didalam kardus yang tidak diberi penamaan. Lamanya waktu pengambilan dokumen membuat pekerjaan selanjutnya tertunda karena dokumen yang dibutuhkan tidak didapat dengan cepat. Oleh sebab itu bagian penanganan konflik membutuhkan penerapan 5S. Dimana meja kerja dan dokumen ditata dengan baik dan diberi penamaan sesuai dengan tahun dan nama dokumennya dan di simpan dalam lemari arsip sehingga mempermudahkan proses pengambilan dokumen. Setelah penerapan 5S didapat waktu pengambilan berkas yang dilakukan oleh pekerja selama 14 menit dengan penurunan dari waktu sebelumnya sebesar 20 menit. Oleh sebab itu penerapan 5S sangat mempengaruhi proses kerja pekerja penangan konflik.


Full Text:

PDF

References


Diniaty, Dewi dkk. 2018. Usulan Penerapan 5S di Departemen workshop (Bengkel) PT.X. Seminar nasional Teknologi Informasi, komunikasi dan Industri. Pekanbaru.

Fariah,Tuti. 2018. Penerapan 5S (Seiri, Seiso, Seiton, Sheiketsu, Shitsuke) pada UKM olahan Makanan di Dusun Sempu Desa Wonokerto. Jurnal bakti Saintek Vol 2 No 2.

Laswitarni, Ni ketut dkk. 2019. Analisis Budaya Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seikatsu, Shitsuke) terhadap peningkatan efektifitas pelayanan. Prosiding Seminar nasional hasil penelitian. Denpasar.

Nelfiyanti, dkk. 2018. Implementasi 5R di SasaHomestay Teluk jambe karawang. Jurnal pengabdian masyarakat Teknik vol 1 no 1. Jakarta.

Ningrum, D. S., & Ramadhan, A. I. (2019). Pemanfaatan Pola Manajemen Krisis Government Relations Di Industri Hulu Migas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(1), 27-34.

Rahman, Natasya Mazida dkk. 2019. Implementasi Metodologi 5S sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas karyawan kantor Pelayanan Pubklik XYZ. Seminar dan konferensi nasional IDEC. Surakarta.

Rahardja, I. B., Ramadhan, A. I., & Sriwana, I. K. (2020). Pembuatan Tempat Alat Tulis Kantor Berbahan Dasar Fiber Mesocarp Palm Oil (FMPO). Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 65-70.

Rani, Anisa mulia dkk. 2018. Implementasi 5S di Paud Bunga Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian masyarakat. Jakarta.

Pramudian K, Nadiya dkk. 2019. Analisis Penerapan Metode 5S pada Warehouse fast Moving PT. Indonesia Power UBP Mrica Kabupaten Banjarnegara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ