Penerapan Budidaya Ikan dalam Ember “Budikdamber” pada Lahan Sempit dengan Aquaponik di Yayasan Al-Ikhlas Cinere

Jamiati KN, Galeh Indra Baskoro, Nurul Khairunnisa

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menerapkan sistem budidaya ikan dalam ember dengan menggunakan aquaponik, tidak memerlukan luas tanah, murah, mudah dapat dilakukan oleh semua orang. Ini diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah keterbatasan lahan, karna masyarakat disekitar lokasi pengabdian memiliki keadaan wilayah rumah yang saling berdekatan.  Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu dilakukan untuk memberikan solusi  yang tepat. Melihat kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembuatan budidaya ikan dalam ember dapat menjadi salah satu solusi. Metode pengabdian yang dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat dan pendampingan dengan rangkaian metode yang efektif dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar yayasan. Adapun manfaat dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan bagi masyarakat cinere khususnya sekitar wilayah yayasan Al-Ikhlas Cinere terkait penerapan sistem akuaponik budikdamber (budidaya ikan dalam ember) pada lahan sempit di yayasan al-ikhlas cinere.


Full Text:

PDF

References


Supendi dan Muhammad Rizki Maulana. 2015.Teknik Pembesaran Ikan Lele dengan sistem akuaponik. Bul. Tek. Lit. Akuakultur Vol. 13 No. 2 Tahun 2015: 101-106 Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar. Sempur Bogor.

Nofi A. Rokhmah, Chery Soraya Ammatillah, dan Yudi Sastro. 2014. Mini Akuaponik untuk Lahan Sempit di Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan Volume 4 Nomor 2, 2014 | 14. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta

Ongky Wijaya, Boedi Setya Rahardja dan Prayogo. 2014. Pengaruh Padat Tebar Ikan Lele Terhadap Laju Pertumbuhan dan Survival Rate pada Sistem Akuaponik. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 6 No. 1, April 2014. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ