Pengembangan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Averus
Abstract
Di masa pandemic COVID-19, setiap sekolah melakukan sistem pembelajaran daring atau jarak jauh. Aplikasi yang banyak digunakan sebagai media pembelajaran daring ialah Zoom, Google Classroom, Whatsapp, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan teknik pegumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, validasi ahli media dan angket respong siswa menggunakan Skala Likert kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas X dan 1 Guru matematika di SMK Averus. Hasil menunjukan dari angket validasi ahli materi dan ahli media mencapai 80% maka disimpulkan bahwa aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran daring valid tanpa revisi, sedangkan keefektifan media dapat dilihat dari angket respon siswa menunjukkan hasil mencapai 89,4% maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Google Classroom sangat efektif sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, Ericha Windhiyana. (2020). Dampak COVID-19 terhadap kegiatan pmebelajaran online di sebuah perguruan tinggi Kristen di Indonesia. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 1(34), 2581-2297.
Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1), 2528-4363.
Nurfalah, Erfin. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 2685-6190
Pujilestari, Yulita. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Journal Buletin Hukum dan Keadilan, 4 (1), 2338-4638
Qomariah, Siti Saptari., dan Sudiardhita, I Ketut R. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4 (1), 2302-2663
Siagian, Muhammad Daut. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Konstruktivisme. Jurnala Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7 (2), 2086-4205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================