Efektivitas Implementasi Video Pembelajaran Daring Doa Sehari-Hari Selama Pandemi Covid-19

Yasin Efendi, Ahmad Fadli, Sriyanti Rahmatunnisa, Vina Dwi Astusi

Abstract


Kurang lebih sudah hampir 6 bulan sekolah serta lembaga tutup karena virus COVID 19. yang masih menyerang hampir seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia yang terkena dampak virus ini, media pembelajaran sangat penting untuk mendukung penyampaian bahan ajar teruntuk pada masa pandemi seperti sekarang ini, media teknologi juga tidak luput dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Pada akhirnya pembelajaran dimasa pandemi ini dilakukan dengan menggunakan sistem daring/pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dalam semua jenjang pendidikan dimulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. semua dilakukan dengan menggunkan sistem daring. Upaya pemerintah dalam menangani pandemi ini khususnya untuk pendidikan ialah dengan menggunakan sistem daring. Sistem daring adalah pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan internet serta menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukan pembelajaran diantaranya zoom, video converence, google classrom, live chat, whatsapp grup. serta aplikasi pendukung lainnya. pemanafaatan video pembelajaran ini dengan sasaran utamanya untuk para anak-anak diwilayah RT 02 RW 001 yaitu membantu para anak-anak yang terkena dampak covid di wilayah Kp. Pondok Aren II RT 02 RW 001 untuk tetap mendapatkan pembelajaran yang seharusnya didapatkan di TPA dengan berbantuan whatsapp grup yang diantarnya whatsapp grup ini berfungsi sebagai media perantara dari whatsapp grup lalu menjadikan sarana untuk menonton sebuah video pembelajaran. Metode yang digunakan berupa survey, dan angket mengenai video pembelajaran yang terkait lalu diberikan kepada anak-anak yang terdapat di wilayah Pondok Aren II RT 02 RW 001 Tangerang Selatan dengan tujuan mengetahui bahwa penggunaan video pembelajaran mampu diterapkan pada masa pandemi dan bernilai positif serta bisa digunakan oleh anak-anak untuk menerima pembelajaran yang diberikan.


Full Text:

PDF

References


Wahyu Aji Fatma Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.1 (2020), 55–61.

Ahmad Fadillah dan Westi Bilda, “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe,” Jurnal Gantang, 4.2 (2019), 177–82.

Muhamad Isman, “Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring),” The Progressive and Fun Education Seminar, 2017, 586–88.

F. Ayuningrum, “Pengembangan media video pembelajaran untuk siswa kelas x pada kompetensi mengolah,” (Skripsi) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Utaminingtyas, “the Influence of Video Media on the Ability of Storytelling on English Lesson Students Class V Sd Negeri Panjatan, Panjatan, Kulon Progo,” 2011, 96.

Oktiana Dwi Putra Herawati, Rusdy Siroj, dan Djahir Basir, “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang,” Jurnal Pendidikan Matematika, 4.1 (2013) .

Sardiman A M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Press, 2011.

Dwi Ismawati dan Iis Prasetyo, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.1 (2020), 665


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ