Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Minim Melalui KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari)

Tresna Nur Andini, Hasanul Misbah, Ahmad Suryadi

Abstract


KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) merupakan pengoptimalan atau pemberdayaan yang dikonsepkan oleh Kementrian Pertanian sebagai bentuk upaya untuk memaksimalkan lahan atau pekarangan yang minim sebagai media bertani. Pemilihan KRPL sebagai dasar penilitian adalah karena minimnya lahan yang tersedia akibat tergerusnya banyak lahan tani, seperti kebun dan sawah yang kemudian dialih fungsikan menjadi lahan perumahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berdasarkan kepada pengumpulan informasi mengenai tatacara penanaman dengan menggunakan KRPL sebagai tekniknya, wawancara (in-deepth interview) bersama dengan salah satu informan terpercaya yang merupakan tenaga ahli dalam bidang pertanian, yaitu THL-TBPP (Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian), dan melakukan kegiatan KRPL secara langsung untuk melihat hasil yang lebih objektif untuk penelitian. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah para warga Kabasiran, RT/RW : 02/002, Parung Panjang, Bogor yang mana lahan pertaniannya mulai minim karena terkendala oleh salah satu proyek perumahan elit dari kalangan properti. Hasil dari program KRPL ini akan sangat ditentukan dari pemanfaatan lahan yang digunakan. Untuk pengoptimalisasi program KRPL agar tetap terus berlanjut di masyarakat, maka sangat dibutuhkan : (1) Persiapan yang matang melalui edaran buku saku sebagai pengganti sosialisasi di tengah pandemi, (2) Pendampingan secara daring guna mendukung apabila sulit untuk bertemu secara tatap muka, (3) Pelatihan untuk memanfaatkan hasil sebagai konsumsi rumah tangga atau komersil, (4) Monitoring secara rutin dengan menyediakan wadah diskusi secara daring di tengah pandemi, (5) Mengoptimalkan KRPL untuk nantinya berlanjut menjadi kelompok tani desa yang diwadahi oleh para THL-TBPP di wilayah pemangku kepentingan.


References


Purwantini, T. B., Saptama, & Suharyono, S. (2012). PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI KABUPATEN PACITAN : ANALISIS DAMPAK DAN ANTISIPASI KE DEPAN. Bogor : Analisis Kebijakan Pertanian

Ariningsih, E dan HPS Rachman. 2008. Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah tangga Rawan Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian 6(3): 239-255. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor

Badan Pusat Statistik (BPS). 2011. Perkembangan Beberapa Indikator Sosial Ekonomi Indonesia. BPS. Jakarta

Badan Litbang Pertanian. 2011. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

FAO. 1996. Rome Declaration on World Food Security and World Food Summit Plan of Action. World Food Summit 13-17 November 1996. Rome.

Hardinsyah dan D. Martianto. 1992. Gizi terapan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. PAU Pangan dan Gizi, IPB. Bogor.

Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pacitan. 2011. Laporan Survei Konsumsi Pangan Berbasis PPH Dusun Jelok, Desa Kayen, Kabupaten Pacitan pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pacitan. Pacitan.

Husodo, S. Y. 2006. Pangan, Kualitas SDM, dan Kemajuan suatu Negara Bangsa. Revitalisasi Pertanian dan Dialog Peradaban. Penerbit Buku Kompas. Jakarta.

Kementerian Pertanian. 2010. Renstra Kementrian Pertanian Tahun 2010-2014. Kementrian Pertanian. Jakarta.

Purwantini, T.B,, H.P.S. Rachman dan Y. Marisa. 2006. Analisis Ketahanan Pangan Regional dan Tingkat Rumah Tangga (Studi Kasus di Provinsi Sulawesi Utara) dalam Monograph Series No 26. hlm 49-69. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor

Saliem, H.P., E.M. Lokollo, M. Ariani, T.B. Purwantini, dan Y. Marisa. 2001. Analisis Ketahanan Pangan Tingkat Rumah Tangga dan Regional. Laporan Penelitian Puslitbang Sosek Pertanian, Badan Litbang Pertanian. Departemen Pertanian.

Putri, E. I. K. 2009. Ancaman dan Solusi atasi Krisis Pangan, Energi, dan Air serta Peran Keilmuan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan dalam Mengatasi Krisis Tersebut. Orange Book. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dalam Menghadapi Krisis Ekonomi Global. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. IPB Press.

Saptana, T.B. Purwantini, Y. Supriyatna, Ashari, A.M. Ar-Rozi, T. Nurasa, S. Suharyono, I W. Rusastra, S H.Susilowati dan J. Situmorang. 2011. Dampak Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga dan Ekonomi di Perdesaan. Laporan Penelitian. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Suryana, A. 2012. Percepatan Diversifikasi Pangan dalam Mendukung Swasembada Pangan. Makalah dalam Konferensi Dewan Ketahanan Pangan tahun 2012. Dewan Ketahanan Pangan,Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ