Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Tanaman Hias Sukulen dalam Pot

Linda Astriani, Munifah Bahfen, Taufik Yudi Mulyanto, Istikomah Istikomah

Abstract


Sebagian besar masyarakat RT 005/003 di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok gemar mengoleksi tanaman hias dalam pot. Tanaman hias yang menjadi koleksi juga beraneka ragam. Selain itu, penggunaan pot sebagai media tanam dikarenakan bentuk dan warna pot juga bervariasi dan terlihat menarik. Kebanyakan dari mereka mengoleksi tanaman hias yang kecil, seperti tanaman hias sukulen jenis Echeveria dan Haworthia. Berdasarkan hasil pengamatan, masalah yang ditemukan yakni minimnya wawasan dan pengetahuan warga mengenai pembudidayaan kedua jenis tanaman sukulen tersebut, sehingga terkadang dalam jangka waktu dekat tanaman tersebut tidak bertahan lama dan mati. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi dan pelatihan mengenai pembudidayaan tanaman sukulen untuk masyarakat RT 005/003. Kuliah Kerja Nyata Nasional (KKNN) Daring FIP UMJ mengadakan program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman hias sukulen dalam pot. Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini yakni metode kualitatif. Tujuan dari program KKNN, yakni mengetahui pemahaman dan respon masyarakat dari RT 005/003 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok terhadap program KKNN ini. Adapun kegiatan yang dilakukan pada program KKNN ini, yakni 1) Penyuluhan, meliputi pemberian materi, wawasan, dan diskusi dengan masyarakat mengenai budidaya tanaman hias sukulen; 2) Pelatihan, meliputi praktik budidaya tanaman hias sukulen. Hasil yang dicapai dalam program ini, yakni 1) Adanya respon positif dari masyarakat RT 005/003 berupa partisipasi aktif dan antusiasme yang cukup tinggi selama mengikuti kegiatan dari program ini; 2) Menambah pengetahuan dan wawasan pada masyarakat RT 005/003 terkait pembudidayaan tanaman sukulen jenis Echeveria dan Haworthia.


Full Text:

PDF

References


Cahyanti, L.D. (2017). Pemberdayaan Santri Sebagai Upaya Pengembangan Budidaya Tanaman Hias Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri 1 Mantingan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(1), 50-53.

Fanisia & Sitawati. (2019). Pengaruh Media Perakaran dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) terhadap Pertumbuhan Stek Daun Tanaman Sukulen Echeveria agavoides ‘Aquamarine’. Jurnal Produksi Tanaman, 7(9), 1669-1678.

Little Garden. (2018). Mengenal Lebih Dekat Kaktus Dan Sukulen Lainnya. Diakses tanggal 18 September 2020, dari https://succulentpedia.blogspot.com/2018/12/ebook-mengenal-lebih-dekat-kaktus-dan.html

Rukmana, R. (2012). Budi Daya Alpukat. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tanu, A, Y. (2020). Apa yang anda ketahui tentang tanaman sekulen atau sukulen (succulent)?. Diakses tanggal 18 September 2020, dari https://www.dictio.id/t/apa-yang-anda-ketahui-tentang-tanaman-sekulen-atau-sukulen-succulent/145491

Warnita & Aisman. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Tanaman Cabai Merah Dalam Pot. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 41-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ