Pemanfaatan Rempah-Rempah pada Era New Normal untuk Meningkatkan Imunitas Kekebalah Tubuh di Lingkungan Warujaya

Lutfi Syauki Faznur, Gunawan Santoso, Nurul Hidayati

Abstract


Virus Covid-19 ini yang sedang mewabah keseluruh dunia ini, yang menyerang pernafasan oada tubuh manusia. Virus ini menular dan dapat menularkan siapa saja. Penluaran melalui percikan cairan yang berasala dari saluran pernafasan dan mulut, seperti bulitan yang keluar saat batuk atau bersin. Orang-orang yang memiliki imunitas kekebalan tubuh menjadi salah satu orang yang mudah terpapar virus ini. Untuk itu perlua adanya pencegahan penularan dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, tidak cukup dengan menerapkan protokol kesehatan, perlu adanya upaya untuk menjaga kesehatan seperti, berolahraga, makan-makanan yang bergizi, selain itu kita juga dapat memanfaatkan rempah-rempah yang ada dilingkungan untuk dijadikan minuman herbal berupa jamu sipopon. Pengabdian ini berfokus pada pemanfaatan rempah-rempah berupa jamu sipopon yang bisa meningkatkan imunitas pada tubuh, yang nantinya kan dikonsumsi oleh para lansia dilingkungan Warujaya. Pengabdian ini membantu melakukan sosialisasi atau pelatihan berupa pengolahan rempah-rempah yang bisa bermanfaat untuk tubuh. Pengabdian ini berharap dapat membantu para lansia dan orang-orang yang memiliki imunitas pada tubuh yang rendah, agar tidak mudah tertular virus Covid-19 ini.


Full Text:

PDF

References


Tim Komunikasi Publk Gugus Tugas Nasional, 2020. Apakah Covid-19 Benar Ada?. https://covid19.go.id/p/berita/apakah-covid-19-benar-benar-ada. 2 September 2020. 11:14.

Fuji, Novi. 2020. Manfaat Empon-Empon untuk Kesehatan, Tingkatkan Imunitas Tubuh. https://m.merdeka.com/jabar/manfaat-empon-empon-untuk-kesehatan-tingkatkan-imunitas-tubuh-cegah-corona-kln.html . 4 September 2020. 15:20.

Huang C, Wang Y, Li X. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. Lancet. 395:

–506.

Razi F., Yulianty V., Amani, S A., Fauzia J H. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami: Depok.

Singhal, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4): 281–286.

Tiodora Haduman Siagian. 2020. Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona dengan Discourse Network Analysisi. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 09. 98-106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ