Pemberdayaan Masyarakat Rt 010/009 melalui Kegiatan Pembuatan Masker dengan Memanfaatkan Kain Sisa untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga

Ratna Dewi Kartikasari, Happy Indira Dewi, Lidyatul Izzah, Faridah Fajriani

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 ini pemerintah menetapkan kebijakan tentang social distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena penularan yang sangat cepat dan banyaknya korban berjatuhan akibat virus ini. Dengan diberlakukannya kebijakan social distancing dan PSBB berakibat fatal terhadap roda kehidupan manusia. Salah satu yang paling terasa dampaknya adalah pada sistem ekonomi masyarakat. Saat pemberlakuan PSBB selama 3 bulan terakhir ini sistem ekonomi terlihat sangat mengkhawatirkan terlebih kepada masyarakat kecil. Pada akhirnya pemerintah menerapkan kebijakan baru yaitu kebijakan new normal sebagai respons realistis terhadap eksistensi Covid-19 serta resultansi analisis di berbagai sektor kehidupan nasional, khususnya masa depan perekonomian nasional dalam jangka menengah dan jangka panjang. Kebijakan new normal ini diikuti oleh protokol kesehatan yang ditetapkan oleh KEMENKES. Dengan adanya protokol kesehatan dari peraturan pemerintah, maka masyarakat wajib mengikuti agar penyebaran virus berkurang. Akan tetapi pada kenyataannya masih ada beberapa warga yang kurang menyadari dalam penggunaan masker, salah satunya di daerah RT 010/009 Tanah Kusir II. Metode pelaksanaan pada pemberdayaan masyarakat ini yaitu dilakukannya pelatihan yang di ikuti oleh beberapa warga dari masing-masing keluarga yang ada di RT 010/009. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas keluarga di RT 010/009 pada masa pandemi Covid-19 melalui kegiatan pembuatan masker dengan memanfaatkan kain sisa yang ada di rumah. Hasil pelaksanaan pemberdayaan masyarakat ini adalah warga RT 010/009 menjadi produktif di rumah selama pandemi Covid-19. Dengan pemberdayaan masyarakat ini melalui pelatihan yang diberikan diharapkan dapat dijadikan peluang bisnis dari hasil pembuatan masker yang memanfaatkan kain sisa untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga di RT 010/009.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar (2015) . Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Mangkunegara (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaki, Mubarak (2010) . Evaluasi

Pemberdayaan masyarakat ditinjau dari proses pengembangan kapasitas pada kegiatan pnpm mandiri perkotaan desa sastrodirjan kabupaten pekalongan. (Masters thesis) Universitas Diponegoro.

Sutrisno, Edy (2015) . Manajemen

Sumber Daya Manusia(Cetakan ke tujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharto, Edi (2005) .

Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial & pekerjaan sosial. Bandung: Refika Aditama.

Kementerian Kesehatan (KEMENKES)

Republik Indonesia. (2020). Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Di Tempat Dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta. Biro Hukum dan Organisasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ