Pelatihan Digital Assessment berbasis Kahoot dan Quizizz untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Lab School FIP UMJ

Aswir Aswir, R. Andi Ahmad Gunadi, Mahbubul Wathoni, Zaitun Zaitun, Imam Mujtaba, Mus Mulyadi

Abstract


Digitalisasi sistem penilaian di sekolah mutlak dilakukan guna mendukung efektifitas dan efisiensi bagi pengguna informasi tentang peserta didik di kalangan orangtua, guru, maupun pihak sekolah. Ragam penilaian seperti penilaian tugas, penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester belum semuanya terdigitalisasi. Sekolah Dasar Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi salah satu tempat pelatihan asesmen digital dikarenakan sistem penilaiannya masih bercampur antara penilaian berbasis kertas dan digital. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari untuk 24 guru kelas 1 hingga kelas 6 melalui metode blended workshop, yakni satu hari pelatihan sinkronus dan dua hari melalui asinkronus menjadi salah satu solusi. Hasil pelatihan mampu memenuhi pelaksanaan asesmen digital berdasarkan kriteria penilaian berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, penilaian reflektif, dan model penilaian berbasis Kahoot dan Quizziz, namun baru ditekankan pada format penilaian tugas yang terdapat sub tema pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemah. (2012). Penerbit Syaamil

Dopo, Ferdinandus Bate dan Christina Isaniati. (2016). “Persepsi Guru tentang Digital Natives, Sumber Belajar Digital dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 1, April 2016 (13-24)

Fitriadi, Prasetyo. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbasis Webquiz Kahoot untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Materi Peserta Didik SMA.

Hidayat, Rahmat dan ChadraWijaya. (201). “Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam”. Medan: LPPPI

Irwan, Irwan, Zaky Farid Luthfi, Atri Waldi. (2019). “Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes”. Pedagogia Jurnal Pendidikan. Vol. 8 (1).

Putri, Aprilia Riyana dan Muhammad Alie Muzakki. (2019). Implementasi Kahoot sebagai media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial”.

Saifuddin, Much. Fuad. (2017). “E-Leaning dalam Persepsi Mahasiswa”. Varia Pendidikan, Vol. 29, No. 2, Desember 2017: 102-109

Sudihartono, Yudi. (2020). “Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan”. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 5. No. 1, Juni 2020: 7

Suyasa, P. Wayan Arta, dkk (2019). “Pelatihan Pembuatan Tes Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz Bagi Para Guru Di Smpn 2 Kediri”. Prosiding SENADIMAS Ke-4, Tahun 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ