KKN Online UMJ: Terobosan Pembelajaran Berbasis Online di Era Pandemi dan Relevansinya Pasca Pandemi

Hamli Syaifullah, Agung Putro Nugroho, Bhima Pangestu Wardhiyani

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menitikberatkan pada pengabdian dalam bentuk kegiatan online. Walaupun demikian, ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara offline. Akan tetapi, tetap mematuhi protokoler Covid 19 yang ditetapkan oleh pemerintah. Kegiatan pengabdian menggunakan desain eksplorasi (exploratory design) dengan pendekatan kualitatif. Dari kegiatan yang dilakukan, menyimpulkan tiga hal, yaitu: (1) masyarakat berperan penting dalam menahan laju penyebaran Covid 19, (2) pembelajaran online menjadi alternatif bagi Perguruan Tinggi, (3) blended learning sangat relevan digunakan pasca pandemi Covid 19.


Full Text:

PDF

References


Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7 (5), 395-402.

Firman; Sari Rahayu Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2, (2),

-89.

Fitriyani, Yani; Fauzi, Irfan; Mia Zultrianti Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6, (2), 165-175.

Hanafi, Ivan. (2014). Pendidikan Teknik dan Vokasional: Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran, Dari Konsep Hingga Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Jalinus, Nizwardi; Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nadiroh; Boeriswati, Endry; Madani, Faisal. (2020). Merdeka Belajar dalam Mencapai Indonesia Maju 2045. Jakarta: UNJ Press.

Nurdin, Ismail; Hartati, Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Pratiwi, Ericha Windhiyana. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Persepektif Ilmu Pendidikan, 34, (1), 1-

Prawiradilaga, Dewi Salma; Ariani, Diana; Handoko, Hilman. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Cet. 2, Jakarta: Kencana.

Tim PPK Kemendikbud. (tt). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah: Prinsip dan Implementasinya pada Sektor Keuangan Syariah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Sinar. (2018). Metode Active Learning.

Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sucipto. (2017). Peningkatan Self Regulated Learning Mahasiswa di Era Digital Melalui Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Ilmiah: SoulMath, 5, (1), 31-41.

Sudarsana, Iketut, dkk. (2020). Covid-19 Persepektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sumiharsono, M. Rudi; Hasanah, Hisbiyatul. (2017). Media Pembelajaran. Mataram: CV Pustaka Abadi.

Sutiah. (2017). Pengembangan Pembelajaran Hybrid Learning: dalam Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab Pada Mata Kuliah Kepribadian (MPK) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Syaifullah, Hamli. (2019). Pengembangan SDM Syariah Melalui Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Program Studi Manajemen Perbankan Syariah FAI UMJ. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7, (2), 217-232.

Syaifullah, Hamli; Maspupah, Hilda Yani Nur; Alfina, Marlina Indri. (2019). Penanaman Akhlak Sejak Dini Melalui Penayangan Film Sejarah Sahabat Nabi di TPA Islamic Centre Pondok Pucung. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Yamin, Muhammad; Syahrir .(2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar: Tela’ah Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6, (1), 126-136.

Yuliana, Yeni. (2020). Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E- Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19). SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7 (10), 875-894.

Yuliani, Media, dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ