Membangun Dunia Digital Positif: Mengatasi Cyber Bullying dan Mengembangkan Kreativitas Digital

Penulis

  • Adi Prasetya Pangestu Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Aulia Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Shafwa Gheitsa Zabadiya Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anesyakilla Anesyakilla Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Diva Fadhila Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Ilham Habibi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Siddiq Fauzi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Refansyah Adi Putra Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Apriliono Teguh Aditya Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dina Febriani Darmansyah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Bojongherang ini bertujuan untuk menangani dua isu utama yang dihadapi oleh anak-anak dan remaja, yaitu bullying dan pengembangan kreativitas digital. Bullying, yang sering terjadi di lingkungan sekolah, memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap perkembangan psikologis dan sosial siswa. Di sisi lain, pengembangan kreativitas digital menjadi semakin penting di era digital, di mana keterampilan dalam teknologi dan media sosial dapat membuka peluang baru bagi generasi muda. Metode yang digunakan dalam program ini terdiri dari dua bagian utama. Pertama, dilakukan sosialisasi dan edukasi tentang bullying melalui seminar, dan diskusi kelompok, yang melibatkan siswa dan guru. Fokus dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan dampak bullying, serta memberikan strategi untuk mencegah dan mengatasi masalah ini. Kedua, diadakan pelatihan pengembangan kreativitas digital yang mencakup pembuatan konten kreatif, penggunaan media sosial secara positif, dan pengenalan dasar-dasar desain grafis serta video editing. Pelatihan ini dirancang untuk membantu siswa mengekspresikan diri secara positif dan produktif di dunia digital, sekaligus mengurangi risiko terlibat dalam perilaku bullying. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang bahaya bullying dan bagaimana mencegahnya. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan dalam bidang digital, terutama dalam pembuatan konten yang kreatif dan edukatif. Kesimpulannya, program KKN ini berhasil mencapai tujuan ganda, yaitu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dari bullying dan mengembangkan potensi kreatif siswa dalam bidang digital. Keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi model untuk implementasi di komunitas lain, guna mempersiapkan generasi muda yang lebih berdaya dan bertanggung jawab, baik dalam kehidupan sosial maupun di dunia digital.Kata kunci: bullying, personal branding, kreativitas digital

Referensi

http://jabar.muhammadiyah.or.id/lembaga/59/120/lembaga-pengembangan-cabang-dan-ranting/program-kerja.html

https://www.sumput.desa.id/first/unduh_dokumen_artikel/129

https://tirto.id/profil-kabupaten-cianjur-letak-geografis-dan-keadaan-alam-gyVY

https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying

https://drpm.unpad.ac.id/kondisi-sosial-ekonomi-kabupaten-cianjur-abad-ke-19/

https://dpmptsp.cianjurkab.go.id/post/read/194/potensi-sektor-pertanian.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Articles