Pengaruh Peran Keluarga Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Sekolah Dasar Usia 10 Sampai 12 Tahun Di Kampung Baru Pondok Cabe Udik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak usia 10 sampai 12 tahun di kampung baru pondok cabe udik yang belum bisa menjaga kebersihan terutama pafa kebersihan diri. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran keluarga terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sd usia 10-12 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu data-data factual dari lapangan baik yang berasal dari penyebaran angket maupun studi dokumentasi, data-data tersebut diperkaya dengan data yang bersumber dari beberapa referensi buku dan jurnal. Kegiatan penelitian ini di lakukan di RW 10, Kampung Baru Pondok Cabe Udik, yang terdiri dari tiga RT yaitu ; Rt.01,Rt.02,Rt,03. Penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh variabel X terhadap Y dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh (sensus). Analisis data menggunakan uji regresi dengan taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah sampel 40 responden. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peran keluarga terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak SD usia 10 sampai 12 tahun sebesar 95,7 %.
Full Text:
PDFReferences
A., Morissan. M.,dkk (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Agustin, P. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humanoria, 52.
Ardiansyah, Y. (2013). Penyuluhan Dan Praktik Phbs (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Perduli Sehat. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan., 47 - 48
Arianto, S. Z. (2014). Perilaku Menggosok Gigi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V dan VI di Kecamatan Sumberejo. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia , 131.
Aswadi, S. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa-Siswi Sdk Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 188.
Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Journal Endurance 1(2), 77.
Depertemen Kesehatan RI.,(2011).Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Berbagai Tatanan. Pusat Promosi Kesehatan.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakhruddin, A. U. (2011). Terapan Quantum Learning Untuk Keluarga. Yogyakarta: Laksana.
Fatmawati. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal Risalah 27 (1), 17-31.
Hanief, Y. d. (2017). Stastistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Irwandi.S,U. (2016). Peran Sekolah Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs Di Sd Negeri 6 Mataram Dan Sd Negeri 41 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan, 493.
Jayanti.L, D. (2011). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Serta Perilaku Gizi Seimbang Ibu Kaitannya Dengan Status Gizi Dan Kesehatan Balita Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Jurnal Gizi dan Pangan, 192.
Julianti, R. N. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 13.
Kadiyono, A. (2019). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Sd Desa Cipacing Dan Cilayung - Jatinangor. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 1.
Kadir. (2015). Stastiska Terapan:Konsep,Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.
Kalalo, C. (2017). Pengaruh Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Tentang Mencuci Tangan Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas V Dan Vi Di Sd Ypk Kuprik. Jurnal Magistra, 2.
Kemenkes RI. Perilaku Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kemenkes RI. 2012
Kementerian Kesehatan.(2016). PHBS. http://promkes.kemkes.go.id/phbs.
Lestari, S. H. (2016). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Sekolah Pada Siswa Sd Kembangarum 02 Semarang Barat. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK), 3.
Lina, H. P. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 94.
Natsir, M. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK) , 55.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Novrinda, (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 42.
Noviyanti, A. I. (2017). Dampak Penyuluhan Tentang Anak Dan Peran Orang Tua, Masyarakat Dalam Menciptakan Lingkungan Yang Sehat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 81-82.
Pramawaty, N. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies,1 (1), 87-92.
Rihiantoro,(2016). Peran Orang Tua Dalam Kebiasaan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Ilmiah Keperawatan , 162.
Rompas, R. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Sekolah Di Sd Inpres. E-Journal Keperawatan (Ekp), 2.
Rusdiyana. (2019). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Kelas V Sdn Cindai Alus 1. Jurnal Wahana-Bio, 2.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar Stastiska. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, R. W. (2020). Pengembangan Buku Saku Kebersihan Diri (Kuku, Tangan, Dan Kaki) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Minda, 2.
Subrayan, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mediavideo Phbs Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sd Negeri 87 Palembang. Jurnal Hospital Science, 10.
Suciwati dan Noer aini, .. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Perilaku Hidup Bersih Sehat Pada Anak Sekolah Pada Anak Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan kebidanan, 2.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Suryani, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jka (Jurnal Keperawatan Abdurrab), 19.
Suwargarini, R. T. (2013). Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Wilayah Banjir Rob. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan(JIKK), 2.
Upa, E. (2020). Kebersihan Diri Dan Lingkungan Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Dan Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Kelas Enam Sd Inpres Taudale Kabupaten Kupang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering, 66.
Wahyudi, D. (2014). Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis. Jurnal mahasiswa.Unesa.Ac.Id, 290-294.
Warman, A. (2019). Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Stamina, 124.
Wijayanti, U. d. (2019). Implementasi Delapan Fungsi Keluarga di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi, 17-18.
Wulandari, D.(2018). Pengetahuan Dan Peran Orangtua Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sd Di Kecamatan Kramatwatu Serang. Jurnal Dunia Kesmas, 226 -230
Zitty A.R Koem, B. J. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Pelajar Di
Sd Inpres Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Pharmacon. Jurnal Ilmiah Farmasi, 291.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================