Kehidupan Kelas Online Dalam Masa Pandemi Covid-19: Fenomena Belajar Daring Dalam Sudut Pandang Naratif atas Belajar Siswa

Authors

  • Okta Rosfiani PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah
  • Sintia Hastuti PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cecep Maman Hermawan PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudut pandang naratif guru terhadap pembelajaran daring akibat wabah covid-19. Penelitian ini mengharapkan suara dari guru-guru Madrasah terkait pembelajaran daring yang saat ini sedang digunakan oleh seluruh tingkatan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus terhadap tiga guru perempuan sebagai partisipan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada proses pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru madrasah tahun pelajaran 2020/2021 sudah berjalan dengan baik karena guru memberikan tugas dan materi dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp. Penelitian ini menyimpulkan persepsi guru terhadap pembelajaran daring menghasilkan adanya faktor pendukung, faktor penghambat, tantangan dan dampak dari pembelajaran daring.

Author Biographies

Okta Rosfiani, PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah

PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah

Sintia Hastuti, PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Cecep Maman Hermawan, PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Hermawan, C. M., Rosfiani, O., Yulia, & Lutfiana, V. (2020). The effectiveness of direct instruction model in mathematics subjects: A classroom action research in elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 2506–2509. http://www.ijstr.org/final-print/apr2020/The-Effectiveness-Of-Direct-Instruction-Model-In-Mathematics-Subjects-A-Classroom-Action-Research-In-Elementary-School.pdf

Kuntarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa

Indonesia Di Perguruan Tinggi”, Journal Indonesian Language Education And Literature, Vol. 3,

No. 1, 2017, h. 99-110.

Purwanto, A. et.al. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Journal of Education, Psychologi and Counseling. 2(1), 1-12.

Putria, H., dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4), 861-872.

Rosfiani, O., Akbar, M, & Neolaka, A. (2018). The effect of learning environment, inquiry and student learning interest on student social studies learning assessment. ICTES First International Conference on Technology and Educational Science. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.21-11-2018.2282251

Rosfiani, O., Akbar, M., & Neolaka, A. (2019). Assessing student social studies learning: effect of learning environment, inquiry, and student learning interest. TARBIYA Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 45–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/11593.

Rosfiani, O., Hermawan, C. M., Sari, R. K., & Hastuti, S. (2020). Improving student mathematics achievements of elementary school in 1st grade through demonstration models. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 3669–3672. http://www.ijstr.org/final-print/mar2020/Improving-Student-Mathematics-Achievements-Of-Elementary-School-In-1st-Grade-Through-Demonstration-Models.pdf

Sadikin & Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6 No. 2, 2020, h. 214-224.

Saepuloh, A., Rosfiani, O., & Hermawan, C. (2021). Teacher’s Efforts to Enhance Students’ Competence in Madrasah Ibtidaiyah in Science Skills and Academic Achievement Teacher’s Efforts to Enhance Students’ Competence in Madrasah Ibtidaiyah in Science Skills and Academic Achievement. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012095

Sofyana & Rozak, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada

Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun”, Jurnal Nasional

Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 8, No. 1, 2019, h. 81-86.

Downloads

Published

2021-11-16