Pengembangan Permainan Edukasi LAGA OPRASIA Berbasis Gamification in Education Pada Pembelajaran IPA SD

Lativa Qurrotaini, Anisa Triyana, Ahmad Susanto, Ika Yulianingsih

Abstract


Penelitian ini tentang pengembangan permainan edukasi LAGA OPRASIA (Ular Tangga Organ Pernapasan Manusia) di SDN Sukamanah Bogor. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa peserta didik kelas V kurang termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran di kelas pada materi organ pernapasan manusia. Tujuan penelitian yaitu pengembangan permainan edukasi LAGA OPRASIA berbasis gamification in education pada materi organ pernapasan manusia kelas V, untuk mengetahui kelayakan LAGA OPRASIA berdasarkan kuesioner validasi ahli media dan materi serta mengetahui tingkat respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 9 tahap. Data penelitian diperoleh ahli materi mendapat skor 87%, ahli media mendapat skor 100%, hasil respon 7 peserta didik uji coba kelompok kecil skor 80% dan 21 peserta didik uji coba kelompok besar skor 90%. Berdarkan analisis data, permainan edukasi LAGA OPRASIA layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia di SDN Sukamanah. Kegunaan yang di dapat dari penelitian ini, peserta didik dapat lebih tertarik untuk mempelajari materi organ pernapasan manusia karena pendidik menggunakan sebuah permainan edukasi dan kegiatan belajar di sekolah akan semakin efisien.


Full Text:

PDF

References


Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2), 129-149.

Harlin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4 (1), 29-37.

Jamilah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya, 1 (1), 52-69.

Kiryakova, Gabriela.dkk. 2014. Gamification In Education. Turkey: Trakia University.

Rahayu, Sri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6 (4), 200.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Pramudyawardani. 2016. Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Untuk Anak Prasekolah Menggunakan Pendekatan Child Centered Design. Jurnal Informatika, 12 (1), 13-23.

Hijriati. 2017. Peranan Dan Manfaat APE Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal FKIP UNSYIAH, 3 (2), 59-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ