Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Sikap Ecoliteracy Anak Usia SD melalui Penanaman Tanaman Apotek Hidup

Lativa Qurrotaini, Nanda Giyatri Lestari, Lidiyatul Izzah, Aida Sumardi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak buruk di lingkungan sekitar yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak memiliki sikap ecoliteracy dan perlu ditanamkan sedini mungkin sikap ecoliteracy dengan dorongan dari orang tua. Pembiasaan sikap dan perilaku yang diajarkan oleh orang tua akan terbentuk pada diri anak dapat terbawa ke dalam lingkungan sekolah dan masyarakat khususnya pada anak usia SD di lingkungan Al-Hidayah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan sikap ecoliteracy serta kendala apa saja yang dialami oleh orang tua dalam menumbuhkan sikap ecoliteracy pada anak usia SD melalui penanaman tanaman apotek hidup. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh dalam menumbuhkan sikap ecoliteracy anak. Hal ini dibuktikan bahwa orang tua mampu menanamkan sikap ecoliteracy pada anak, dan anak-anak di lingkungan Al-Hidayah yang sudah dapat menumbuhkan sikap ecoliteracy mereka gunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua yang mengajak anak melakukan kegiatan penanaman tanaman apotek hidup dapat menanamkan sikap ecoliteracy di dalam diri anak. Kendala orang tua dalam menumbuhkan sikap ecoliteracy pada anak usia SD melalui penanaman tanaman apotek hidup adalah orang tua bekerja dan tidak memiliki waktu yang maksimal untuk anak dalam proses bersikap ecoliteracy. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak yang terkait seperti orang tua, anak usia SD, masyarakat, dan peneliti selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Coss, R. 2013. Review of coliterate: How educators are cultivating emotional, social, and ecological intelligence. Journal of Sustainability Education. 5.

Creswell, J.W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan campuran. Edisi keempat (cetakan kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2)

Ningsih, R. W., & Yus, A. 2015 Pengaruh Apotek Hidup Terhadap Pengenalan SAINS Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 066 Bromo Medan. Jurnal, 9 (2)

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1)

Riyan, R. 2018. ecoliteracy: literasi dasar yang terlupakan. PT: Lontar Digital Asia.

Rusmawan. 2017. Ecoliteracy dalam Konteks Pendidikan IPS. Social Science Education Journal, 4 (2) 1-12.

Soejono, S. 2013. Sosiologi Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Wahidin, W. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3 (1).

Widyawati, Afrilia.T, dan Muhammad.R. 2015. Upaya Pemberdayaan Apotek Hidup di Perkotaan melalui Deskripsi dan Manfaat Tanaman Obat. Jurnal Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon. 1 (8)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ