Efisiensi Perbandingan Teknologi Mesin Inkubator Penetas Telur Unggas Otomatis Menggunakan Synchronous Motor AC dengan Sistem Manual

Arya Chandra Buana Lubis, Habib Satria, M. Fitra Alayubby, Rizka Meliani Putri, Cut Riska Triana

Abstract


Rendahnya produksi telur yang dilakukan peternak unggas dengan menggunakan cara manual membuat makin bertambahnya rendahnya minat masyarakat di daerah pinggiran kota medan sebagai pengusaha peternak telur unggas. Hal tersebut tentu tidak lepas dari teknologi konvensional yang masih digunakan oleh pertenak unggas dengan tidak memperhatikan suhu telur yang dipanasi oleh lampu pijar. Oleh karenanya suhu permukaan telur tidak merata pada setiap posisi antara bagian atas telur dan bagian bawah telur. Untuk itu di rancang suatu sistem yang berguna dan menjadi solusi dalam permasalahan pada masyarakat saat ini yaitu mesin penetas telur otomatis menggunakan synchronous motor AC dalam upaya meningkatkan perekonomian peternak unggas pada Kondisi Covid-19. Teknologi ini menggunakan sensor suhu w1209 yang bergunan mengontrol suhu dari inkubator, kemudian motor di kontrol dari sistem timer, kemudian timernya di setting dengan interval 3 jam sekali akan on selama 6 detik dengan tujuan sebagai penggerak rak telur agar telur secara merata panas dengan kestabilan sekitar 360C hingga 400C. Rancangan alat inkubator dengan kapasitas 200 telur dengan persentase efisiensi    keberhasilan proses penetasan telur unggas akan meningakat secara signifikan, dimana persetase keberhasilan yang awalnya sebesar 70% sampai 80% meningkat secara menjadi 95%.


Full Text:

PDF

References


Antono, Djodi. 2012. “Motor DC Brushless Tiga Fasa-Satu Kutub.” Orbith 8(1).

Irwan, Adi. 2021. “PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI DAN INTELIJEN.” Cendekia Waskita 5(1).

Junaedi, Junaedi, Khaeruddin Khaeruddin, and Abdul Hakim Fattah. 2021. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BUDIDAYA TERNAK UNGGAS BAGI PETERNAK AYAM LOKAL DI KABUPATEN KOLAKA MELALUI BIMBINGAN TEKNIS INSEMINASI BUATAN DAN METODE PERSILANGAN.” Abdimas Galuh 3(1).

MIDO, AGUS RAKHMADI. 2018. “Rancang Bangun Mesin Otomatis Penetas Telur Berbasis Nodemcu Dan Android.” Jurnal Tekno Sains Seri Teknik Komputer 01(1).

Rino, Salim, Septian, and Lianny Wydiastuty Kusuma. 2020. “Simulasi Perancangan Sistem Pemantau Suhu Pada Inkubator Penetas Telur Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno Menggunakan Aplikasi Android .” Algor 1.

Statistik, Pusat Badan. 2021. “Data Pengangguran Indonesia 2011.” Badan Pusat Statistik.

Yanto, Febi, and Hallend Afroni. 2017. “Sistem Kontrol Suhu Inkubator Telur Berasis Mikrokontroler MenggunakanFuzzy LogicdanPulse-Width Modulation.” Jurnal Ilmu Komputer 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ