Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Buku Pada Topik Wujud Benda dalam Tema 3 (Benda Disekitarku) Kelas III SDN Margahayu VI dengan Pendekatan Kontekstual

Laily Nurmalia, Iswan Iswan, Aridevi Saullila, Asyahada Aulia Rahma, Ninda Fadhilah

Abstract


Permasalahan yang terjadi di kelas III SDN Margahayu VI adalah kurangnya bahan ajar yang lengkap terkait pembahasan wujud benda untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis buku terkait materi wujud benda, (2) mengetahui kualitas pengembangan bahan ajar berbasis buku pada materi wujud benda, (3) menguji efektivitas bahan ajar buku wujud benda. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu Model Hannafin dan Peck. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kevalidan dan Teknik analisis respon siswa. Subjek penelitian ini adalah kelompok kecil yang berjumlah 7 orang dan kelompok besar yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini adalah; (1) Proses pengembangan modul meliputi tiga tahapan yaitu; tahap analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. 2) Media monopoli pembelajaran dengan kualitas: (a) hasil riview ahli materi sangat baik (96%), (b) hasil review ahlimedia sangat baik (96%), (c) hasil review ahli bahasa sangat baik (92%). (3) Hasil uji coba dari kelompok kecil sangat baik (95%) dan kelompok besar (95%). Dengan demikian bahan ajar berbasis buku pada materi wujud benda efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi wujud benda.

Full Text:

PDF

References


Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 49-61.

Desy Ambarwati. (2015). Rahasia inti Kamus IPA Terpadu SD kelas 3. Jakarta:Lembar Langit Indonesia.

Dian A.B dan Masnun B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual, Jurnallensa.

Efendhi, E. S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Hayatun, N., Agus T., dan Andri, V. (2021). Pengembangan bahan ajar buku pendamping Tematik terpadu berbasis Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Maolani, R.A., Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mutala’liah N, Nurdyansyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Ni Luh Gede Karang, W. (2021). E-model dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Jurnal Ilmiah Pendidikan Ilmiah Dan Pembelajaran 5(3).

Ramadan, S., Sumiyadi, Kosasih, E. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Pappaseng Suku Bugis dalam Pembelajaran Cerpen di SMA. Jurnal Kadera Bahasa 11(2), 136-146.

Tania, L. (2017). pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian

perusahaan jasa siswa kelas x akuntansi smk negeri 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., dan Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ