Integrator Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Program Agribisnis Perikanan

Ai Tusi Fatimah, Agus Yuniawan Isyanto, Toto Toto

Abstract


Matematika yang dipelajari siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) bersifat umum dan materi dalam konteks kejuruan. Integrator kontekstual dapat digunakan untuk memperdalam materi matematika dalam konteks kejuruan. Integrator kontekstual dapat mengintegrasikan materi matematika dan konteks kejuruan supaya selaras dengan keahlian kejuruan siswa. Salah satu program keahlian di SMK adalah Agribisnis Perikanan. Penelitian kualitatif ini menggali integrator kontekstual dari aktivitas agribisnis perikanan untuk memperdalam materi matematika siswa. Pengalaman partisipan yaitu guru produktif (guru yang mengajar mata pelajaran keahlian kejuruan) dan guru matematika selama mengajar di SMK Agribisnis Perikanan digali melalui wawancara untuk mendapatkan integrator kontekstual yang tepat digunakan bagi siswa. Partisipan berasal dari SMK Agribisnis Perikanan di Ciamis, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berhitung adalah esensi yang diperoleh dari pengalaman partisipan menggunakan matematika dalam konteks agribisnis perikanan. Integrator kontekstual dengan tema wadah untuk budidaya, dosis, dan analisis usaha adalah tema-tema utama aktivitas berhitung yang dapat digunakan untuk memperdalam materi bilangan, geometri, aljabar, dan statistika. Hasil penelitian ini mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Agribisnis Perikanan

Full Text:

PDF

References


Anderson, Ryan, and Shawn Anderson. 2012. “Emerging Themes in Integrating Mathematics into Agricultural Education: A Qualitative Study of Star Teachers in Virginia.” Journal of Career and Technical Education 27(2):8–19. doi: 10.21061/jcte.v27i2.556.

Bakker, A. 2014. “Characterising and Developing Vocational Mathematical Knowledge.” Educational Studies in Mathematics 86(2):151–56. doi: 10.1007/s10649-014-9560-4.

Bakker, Arthur, and Sanne F. Akkerman. 2014. “A Boundary-Crossing Approach to Support Students’ Integration of Statistical and Work-Related Knowledge.” Educational Studies in Mathematics 86(2):223–37. doi: 10.1007/s10649-013-9517-z.

Bakker, Arthur, Monica Wijers, Vincent Jonker, and Sanne Akkerman. 2011. “The Use, Nature and Purposes of Measurement in Intermediate-Level Occupations.” ZDM - International Journal on Mathematics Education 43(5):737–46. doi: 10.1007/s11858-011-0328-3.

Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. 2018. Qualitative Inquiry & Research Design. Fourth Edi.

Fatimah, A. T., and Sufyani Prabawanto. 2020. “Mathematical Understanding and Reasoning of Vocational School Students in Agriculture-Based Mathematical Tasks.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8(2):701–12. doi: 10.17478/JEGYS.702884.

Fatimah, A. T., S. A. Pramuditya, and W. Wahyudin. 2019. “Imitative and Creative Reasoning for Mathematical Problem Solving (in Context Horticultural Agribusiness).” Journal of Physics: Conference Series 1157(4). doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042092.

Fatimah, A. T., and S. Solihah. 2020. “Matematika Pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Hasil Pertanian.” Umlahku Jurnal Matematika Ilmiah 6(2):176–87.

Fatimah, A. T., W. Wahyudin, and S. Prabawanto. 2020. “The Role of Agricultural Contextual Knowledge on the Mathematical Understanding of Vocational Students.” Journal of Physics: Conference Series 1521(3). doi: 10.1088/1742-6596/1521/3/032020.

Fatimah, A. T., and Wahyudin Wahyudin. 2020. “Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Pertanian.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 5(2):133. doi: 10.25157/teorema.v5i2.3322.

Fatimah, Ai Tusi. 2020. Karakteristik Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Siswa SMK Pada Tugas Matematis Berbasis Kompetensi Keahlian Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Awal Matematis. Bandung.

Fatimah, Ai Tusi. 2021. “Koneksi Matematis Siswa Pada Tugas Matematis Berbasis Hasil Pertanian: Konteks, Konsep, Dan Prosedur Matematis.” Jurnal Elemen 7(2):295–309. doi: 10.29408/jel.v7i2.3176.

Fatimah, Ai Tusi, Asep Amam, and Adang Effendi. 2022. Lembar Kerja Belajar Menanam Sayuran Dan Matematika Bagi Siswa MI/SD. Ciamis: Program Studi Pendidikan Matematika.

Fatimah, Ai Tusi, Agus Yuniawan Isyanto, and Toto. 2022. Konteks Dan Konten Matematika Di SMK / MAK Agribisnis Dan Agriteknologi Konteks Dan. Tasikmalaya: PRCI.

Li, Yeping. 2014. “International Journal of STEM Education - a Platform to Promote STEM Education and Research Worldwide.” International Journal of STEM Education 1(1):1–2. doi: 10.1186/2196-7822-1-1.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2021 Tentang Program SMK Pusat Keunggulan. Jakarta.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2022a. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2022b. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The Council.

Roehrig, Gillian H., Emily A. Dare, Elizabeth Ring-Whalen, and Jeanna R. Wieselmann. 2021. “Understanding Coherence and Integration in Integrated STEM Curriculum.” International Journal

of STEM Education 8(1). doi: 10.1186/s40594-020-00259-8.

Straesser, Rudolf. 2015. “‘Numeracy at Work’: A Discussion of Terms and Results from Empirical Studies.” ZDM - International Journal on Mathematics Education 47(4):665–74. doi: 10.1007/s11858-015-0689-0.

Swanson, David, and Julian Williams. 2014. “Making Abstract Mathematics Concrete in and out of School.” Educational Studies in Mathematics 86(2):193–209. doi: 10.1007/s10649-014-9536-4.

Vallera, Farah L., and Alec M. Bodzin. 2020. “Integrating STEM with AgLIT (Agricultural Literacy Through Innovative Technology): The Efficacy of a Project-Based Curriculum for Upper-Primary Students.” International Journal of Science and Mathematics Education 18(3):419–39. doi: 10.1007/s10763-019-09979-y.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ