Pengembangan Media Pembelajaran Pocket book Matematika SD Materi Perkalian, Pembagian, dan Mata Uang Kelas II

Laily Nurmalia, Iswan Iswan, Amelia Prasanti, Hanifah Syahidah, Mudirkah Azizah

Abstract


Permasalahan yang terjadi di kelas II SDN Margahayu VI adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan kurangnya media pembelajaran matematika terkait dengan materi perkalian dan pembagian serta mata uang untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pocket Book Mathematics guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah Hanafin and Peck, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket kuesioner. Subjek penelitian ini terdiri dari kelompok kecil yang berjumlah 7 orang siswa dan 14 orang siswa untuk kelompok besar. Berdasarkan instrument penelitian didapatkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, mendapatkan hasil sebagai berikut: a) ahli materi memberikan penilaian mencapai 80% dengan kualifikasi baik. b) ahli bahasa memberikan penilaian mencapai 80% dengan kualifikasibaik. c) Ahli media memberikan penilaian mencapai 80% dengan kualifikasi baik. d) Hasil uji coba kelompok kecil mencapai 92% dengan kualifikasi sangat baik. e) Hasil uji coba kelompok besar mencapai 96% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pocket Book Mathematics pada materi perkalian, pembagian dan mata uang cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I.N.W., Ariningsih, K.A. (2017). Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran Pengenalan Bendera, Mata Uang dan Ibu Kota Negara di Asia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmu Komputer dan Sains Terapan 7 (2), 147-153

Alfin, J. 2015. Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam.

Anggraeni, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Pocket book Untuk Meningkatkan Motivasi Jurnal SAP Vol. 3(3)

Arifin, M. Z. 2021. Pembelajaran Luar Dan Dalam Jaringan Menggunakan Aplikasi Youtube Pada Materi Pecahan Uang Di Kelas II (Studi Kasus Di MI Hidayatuth Tholibin Tulungagung Tahun 2020).

Astuti, R.N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Modifikasi Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Akar dan Batang Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV A SDN Caturtunggal 4. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Yogyakarta: Tidak diterbitkan

Hamid, M, A, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Himmah, E.F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Proffessional Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung: Tidak diterbitkan

Maolani, R.A., Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mukminah, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Pocket book Siswa Dengan Teknik Evaluasi Media Puzzle Ceria Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”. Vol. 3 No.2. ISSN 2338-4417.

Nadiroh, S.M.F., Susilowibowo, J. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi 6(3), 355-359.

Negara H, S. 2019. Buku Ajar Pembelajaran Matematika MI/SD. Bandar Lampung.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat. Vol 03(1).

Ramadan, S., Sumiyadi, Kosasih, E. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Pappaseng Suku Bugis dalam Pembelajaran Cerpen di SMA. Jurnal Kadera Bahasa 11(2), 136-146.

Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Dikrektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Saidah, I.N, Nugroho, M.A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash CS5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 13(1), 65-74

Satriani, A. (2020). Pengembangan Student's Worksheet Penjumlahan dan Pengurangan Berbasis Taksonomi Bloom Dikaitkan dengan Matematika Realistik. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Septiani, N, & Afiani, R. 2020. Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Cikokol 2 . As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Setyono, Y. A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1 No.1 ISSN 2338 – 0691

Sugiyati, Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Vol: 1, No. 2, Tahun 2016), h. 227-241.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani., Nurul, H., Jamzuri., & Rahardjo, D. (2013) “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket book dan Tanpa Pocket book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X.” Jurnal Pendidikan Fisika, no. 1: 164-172.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., dan Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ