Pengaruh Model Scramble Berbantuan Media Educandy Terhadap Pemahaman Kosakata Arkais (Hikayat) Pada Kelas X

Authors

  • Aida Sumardi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Suci Nadila Aryandini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta Jakarta, Indonesia

Abstract

Karya sastra terutama karya sastra lampau selalu dianggap membosankan dan sulit dipahami karena banyak kosakata sulit di dalamnya. Selain itu, model dan media yang digunakan sebagai sarana belum cukup membantu peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model scramble berbantuan media educandy terhadap pemahaman kosakata arkais (hikayat) pada kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMAN 87 Jakarta, objek dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dan 2. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni true eksperimen dengan rancangan prettest posttest group control design. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media educandy terhadap pemahaman kosakata arkais (hikayat) pada kelas X. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample Test, terdapat sig 0,000 ≤ 0,05 dan nilai Thit 5.053 ≥ Ttab 1.994.  Maka dari itu, Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh model scramble berbantuan media educandy terhadap pemahaman kosakata arkais (hikayat) pada kelas X

Author Biographies

Aida Sumardi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Suci Nadila Aryandini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta Jakarta, Indonesia

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah JakartaJakarta, Indonesia

References

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirgantara, A. 2016. Sastra Lisan Indonesia. Kalbar: CV Menara Mega Perkasa.

Hanisan. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare. (Unpublished master’s thesis) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia.

Jumiati, Umiati. 2019. “Pengaruh Model Scramble Tipe Wacana Berbantuan Whatsapp

Downloads

Published

2022-10-31