Pengaruh Aplikasi Quizwhizzer Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Sumber Energi

Anggita Septiani, Apri Utami Parta Santi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh aplikasi quziwhizzer terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi sumber energi dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh aplikasi quziwhizzer terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi sumber energi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rangkapan Jaya. Pendekatan menggunakan kuantitatif dengan metode True Experimental Design.  dengan menggunakan angket sebagai instrumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Rangkapan Jaya dengan jumlah responden 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Instrumen yang diberikan adalah angket dengan pertanyaan untuk minat belajar sebanyak 20 pernyataan. Analisis data menggunakan pengujian Independent Sample T-Test dengan nilai uji t sebesar 3,062 dengan sig. (2-tailed) = 0,000 yang dimana nilai sig 0,000 < 0,05 dikatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan aplikasi quizwhizzer terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi sumber energi. Serta hasil uji R-Square mendapatkan nilai sebesar 0,377 atau 37,7% yang dimana menggambarkan bahwa besar pengaruh penggunaan aplikasi quizwhizzer terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi sumber energi.

Full Text:

PDF

References


AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani. (2019). Strategi Motivasi Belajar dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun, 112-127.

Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, b., & Kuncoro, K. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara.

Faijah, N., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2022). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 117-127.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 6-11.

Gultom, J. J. (2010). Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar . Jurnal Bahasa.

Heriyanti. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 7(1), 22-32.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Meilani, H., Satriadi, I., Oktapriandi, S., & Apriyanty, D. (2021). Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard untuk Pembelajaran Daring. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 525-532.

Riwahyudin, A. (2015). Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 11-23.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Erhaka Utama.

Santi, A. U., & Bahij, A. A. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Ciputat: Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susanto, D. A., & Ismaya, E. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko. Cokroaminoto Journal of Primary Education , 104-110.

Suwarsono, Kristyandaru, A., Masyitoh, I. S., Delviati, Hartiti, T., Zebua, S., & Astuti, F. (2013). Tematik Terpadu Kurikulum 2013 : Energi dan Perubahannya Buku Guru. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utomo, Susilo Setyo (2019) . Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Lumbung Pustaka UNY. 1-13

Wahyuningsih, F., P., R. D., Saksono, L., & Samsul, S. I. (2021). Utilization of Quizwhizzer Educational Game Applications as Learning Evaluasi Media . Atlantis Press , 148-152.

Yuliarmi, N. N., & Marhaeni, A. A. (2019). Metode Riset Jilid 2. Bali: CV. Sastra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ