Pengembangan Media Diorama Aquaca (Aqurarium Cuaca) untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Proses Terjadinya Hujan Siswa Kelas III SDN Margahayu XIX

Sriyanti Rahmatunnisa, Imam Mujtaba, Astrie Nur Arifin, Niken Ayu Rosidah, Ridwan Tri Fauzan

Abstract


Permasalahan yang terjadi di kelas III SDN Margahayu XIX adalah kurangnya media pembelajaran yang lengkap terkait pembahasan proses terjadinya hujan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui kualitas pengembangan media pembelajaran diorama pada materi proses terjadinya hujan, (2) mendekripsikan proses pengembangan media pembelajaran diorama terkait proses terjadinya hujan, (3) menguji kefektivitasan media pembelajaran diorama. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kevalidan dan Teknik analisis respon siswa. Subjek penelitian ini adalah kelompok kecil yang berjumlah 5 orang dan kelompok besar yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini adalah; (1) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi tiga tahapan yaitu; tahap analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. 2) Media diorama aquaca dengan kualitas: (a) hasil review ahli materi sangat baik (97%), (b) hasil review ahlimedia sangat baik (95%). (3) Hasil uji coba dari kelompok kecil sangat baik (96%) dan kelompok besar (95%). Dengan demikian media pembelajaran diorama pada materi proses terjadinya hujan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi proses terjadinya hujan.

Full Text:

PDF

References


Aji Pamungkas, Bambang Subali, Suharto Lunuwih. 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 3 No 2 (118-127)

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 49-61.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 3.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. hal. 2

Fitriana Khoirun Nisaa, Zuanita Adriyani. 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, Vol 1, No 2

Harlin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif

Tri Wahyu Ningtiyas, Punaji Setyosari, Henry Praherdiono. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 2 No 2 (116)

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ