Strategi Pembelajaran Orang Tua Dalam Melaksanakan Homeschooling Mandiri Tingkat Sekolah Dasar

Zulfitria Zulfitria, Ahmad Susanto, Aswir Aswir, Zainal Arifin, Tyastu Aryandini

Abstract


Sejak adanya Pandemi Covid 19, mengakibatkan banyaknya perubahan dalam segala bidang, khususnya pendidikan. Biasanya siswa datang ke sekolah untuk belajar, sejak virus korona melanda dialihkan belajar di rumah menggunakan online. Ada beberapa orang tua tidak nyaman akan pembelajaran online, sehingga memindahkan belajar anak-anaknya dari sekolah formal ke sekolah informal yaitu homeschooling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan homeschooling mandiri yang dipilih orang tua sebagai alternatif dalam proses pembelajaran untuk anak-anaknya yang duduk di Sekolah Dasar. Penelitian ini ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebuah keluarga beserta anak-anaknya yang duduk di Sekolah Dasar. Dengan pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uraian deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran homeschooling mandiri lebih membuat anak senang karena merasa ada yang langsung mendampingi anak tanpa repot belajar dengan menggunakan HP yang kadang sulit bagi anak untuk mengerti caranya. Orang tua juga lebih nyaman tanpa harus setiap hari harus mendampingi anak ketika belajar online serta pembiayaan homescholing lebih terjangkau dibandingkan sekolah formal. Pembelajaran Ada beberpa hal yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pembelajaran homeschooling diantaranya membutuhkan fasilitas belajar yang memadai, pendamping pengganti orang tua serta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak.

 


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Damayanti, Eka. Dkk. (2020). Homeschooling: An Alternative to new Normal adaption of learning. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol 23 No 2

Depag RI. (2016) Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahannya.. Bandung: Syaamil Al-Qur'an.

Hanaco, Indah. (2012) I Love Homeschooling, Segala Sesuatu yang Harus Diketahui Tentang

Homeschooling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

https://www.finansialku.com/pendidikan-formal/

Mulyadi, Seto. (2007). Homeschooling Keluarga Kak-Seto: Mudah, Murah, Meriah, dan Direstui Pemerintah. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Saputra, Abe. A. (2007) Rumahku Sekolahku. Panduan Bagi Orang Tua Untuk Menciptakan Homeschooling: Yogyakarta: Graha Pustaka.

Sumardiono (2012) //www.sumardiono.com. (15 Maret 2012).

Suryadi dalam Zulliza Istiani, Skripsi Penerapan Jenis Homeschooling Dalam Pembentukan

Kemandirian Anak (Malang: UIN Malang, 2008), 8

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Afabeta

Sodik, Hairus. (2020) Konsep Homeschooling Dalam Perspektif Pendidikan Islam Al-Irfan, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni, Tarate Pandian Sumenep Volume 3, Nomor 1, Maret 2020.

Zulfitria, Ansharullah, Pratami, Cindy Aprilia. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Journal Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Volume 1, Issue


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ