Pengembangan Media Roda Putar Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu XIX

Sriyanti Rahmatunnisa, Imam Mutjaba, Anisa Suciati, Lailatussaidah Lailatussaidah, Rismawati Rufaidah

Abstract


Matematika sangat berperan penting dalam kehidupan karena membantu Aktivitas dan Pekerjaan sehari-hari. Calistung termasuk dalam pembelajaran matematika. Menggunakan media roda putar angka saat meningkatkan Kemampuan dan minat siswa dalam pembelajaran membaca, menulis, dan menghitung angka. Oleh karena itu, untuk mengetahui kemampuan membaca, menulis, dan menghitung pada siswa merupakan hal yang penting. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung siswa kelas I sebagai objek penelitian. model Bord & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. dibutuhkan sepuluh Langkah pengembangan untuk menghasilkan produk akhir yang siap untuk diterapkan dalam lembanga Pendidikan smelalui penggunaan berbagai peneliti membatasi Langkah-langkah penelitian pengembangan dari sepuluh Langkah menjadi delapan Langkah dikarenakan delapan Langkah dikarenakan delapan Langkah ini sudah menjawab rumusan masalah dari penelitia, mengingat waktu tersedia dan kesempatan yang terbatas, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji coba Pemakaian yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Selanjutnya, uji coba pemakaian digunakan untuk mengetahui apakah media layak digunakan untuk pembelajaran kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 1 memiliki kemampuan membaca, nebula, dan menghitung angka yang rendah. Hal tersebut dapat diketahui melalui rata - rata nilai serta persentase ketuntasan klasikal yang belum memenuhi indikator keberhasilan. Terdapat berbagai faktor yang mempengerahui kemampuan membaca, menulis dan menghitung, seperti dalam menulis angka belum bener dan suka kebalik dalam menulis angka, serta media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian menujukkan bahwa metode pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah menjadi penyebab utama rendahnya kemampuan membaca, menulis, menghitung pada siswa. Metode konvensional dengan ceramah terbukti tidak efektif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh, kemampuan membaca, menulis, dan menghitung siswa kelas I dapat ditingkatkan. Salah satu upaya efektif dalam meningkatkan kemampuan tersebut adalah melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode yang bersifat aktif.


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Dewi, K., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2020). PENGARUH METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN BEBER KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. PROGRES PENDIDIKAN, 1(3), 251-262.

Izzatunnisa, N. N. (2019). PENGEMBANGAN RODA ANGKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kamilah, I. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 (Studi Kasus di

Maksuroh, M. (2020). Pembelajaran calistung: studi kasus pembelajaran tambahan di RA Hidayatullah Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mutmainnah, M., & Silawati, S. (2022). ANALISIS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG ANAK USIA DASAR MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI RUMBEL ARIRA. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(1), 23-30.

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4(1), 56-63. SDIT Al Uswah Barat Magetan) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Shofa, S. I., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 160-169.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya).

(Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.)

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur'an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97-117.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ