Analisis Deskriptif Sistem Pembelajaran Pasca Pandemi bagi Mahasiswa di Tangerang Selatan

Johannes Hamonangan Siregar, Talitha Marcella Nanda Rindy, Irvano Xavierzky Primajanto, P Arya Saraswati Yulina

Abstract


Sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, peran teknologi informasi semakin banyak digunakan oleh masyarakat, salah satunya dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara online di Perguruan Tinggi. Dengan menurunnya kasus Covid-19, terdapat pendapat pro-kontra dalam kalangan mahasiswa mengenai perlu tidaknya mejalankan pembelajaran secara online seperti pada masa pandemi menjadi masalah yang perlu dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan memahami pendapat mahasiswa mengenai sistem pembelajaran yang optimal pada masa setelah pandemi. Sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memahami bentuk sistem pembelajaran yang optimal untuk menemukan pembelajaran yang efektif pada masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, untuk menjelaskan data numerik yang diperoleh dari mahasiswa yang berpartisipasi pada penelitian ini. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner kepada mahasiswa aktif di Kota Tangerang Selatan. Sebanyak 100 mahasiswa yang berasal dari 12 kampus Perguruan Tinggi ditentukan berdasarkan pertimbangan mendapatkan sampel yang beragam dari asal kampus. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan pendapat mahasiswa terkait pembelajaran online. Hasil yang didapat adalah sebanyak 60% mahasiswa menyatakan perlu mempertahankan sistem pembelajaran secara online melalui aplikai e-learning. Kesimpulan dari penelitian ini perlu adanya fleksibilitas dalam aktivitas pembelajaran, dan membuat konten pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa untuk mencapai pembelajaran yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Dai, N. F., Mardi, I., & Astuti. (2022). Polemik Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Pembelajaran secara Daring/Virtual. https://books.google.co.id/books?id=OD9ZEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=ja&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false

Firdaus, L., Hunaepi, H., Muliadi, A., & Fitriani, H. (2020). Respon mahasiswa terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 Student response to online learning during the Covid-19 pandemic. Empiricism Journal, 1(2), 60–65. http://journal-center.litpam.com/index.php/empiricism/article/view/336/152

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1245

Ismunandar, D., & Nandang, N. (2022). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Hybrid Pasca Pandemi Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1609

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa (The Impact of the Covid-19 Pandemic on the Teaching Process for Teachers and Students). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.

Nurmala, M. D., Wibowo, T. U. S. H., & Fatah, T. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. 1st National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 388–394.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Sakti, G., & Sulung, N. (2020). Analisis Pembelajaran di Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(3), 496–513. http://doi.org/10.22216/jen.v5i3.5553

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1430

Warsito, H., & Evi Winingsih, Denok Setiawati, N. N. (2022). Pembelajaran online pasca pandemi COVID 19: identifikasi masalah pembelajaran daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(9), 1689–1699.

Widyasari, N. F. (2022). Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), 153–161. https://doi.org/10.53621/jider.v2i4.98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ